PENGAWASAN CEMARAN RESIDU PESTISIDA DAN LOGAM BERAT PADA SAYURAN DI KOTA PONTIANAK

25 April 2017
PENGAWASAN CEMARAN RESIDU PESTISIDA DAN LOGAM BERAT PADA SAYURAN DI KOTA PONTIANAK

Semakin meningkatnya jumlah penyakit degeneratif saat ini memicu masyarakat untuk melakukan gerakan hidup diantaranya dengan banyak mengkonsumsi pangan segar yang banyak mengandung serat dan vitamin, seperti sayuran daun. Sayuran daun merupakan jenis produk segar asal tanaman atau yang dikenal dengan PSAT selain dikenal dengan segudang manfaat yang menyehatkan sayuran juga membawa manfaat yang merugikan. Cemaran residu pestisida dan logam berat pada sayuran daun merupakan jenis cemaran kimiawi yang kerap ditemukan dan sulit untuk dikenali secara fisik keberadaannya. Untuk mengatasi hal tersebut Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak melalui Petugas Pengawas Mutu Hasil Pertanian secara berkala melakukan pengawasan dan pengujian terhadap sayuran daun yang beredar di Kota Pontianak baikyang dibudidayakan secara konvensional, hidroponik maupun organik yang didatangkan dari luar Kota Pontianak.

Pengawasan dilakukan dalam 2 tahap yaitu tahap I pada 22 – 24 Februari 2017 yaitu terhadap 3 lahan petani sayuran daun di Kecamatan Pontianak Utara dengan jenis sampel yang diuji yaitu sawi manis, sawi hijau, sawi keriting, bayam dan kangkung. Saat proses pengawasan berlangsung ditemukan beberapa kasus seperti kurangnya pemahaman petani tentang pentingnya penggunaan pakaian pelindung saat proses penyemprotan pestisida berlangsung. Hasil pengujian melalui Laboratorium Sucofindo tidak ditemukan pestisida golongan Organoklorin dalam jumlah yang tinggi, namun ditemukan pada beberapa sampel adanya logam berat timbal (Pb) diatas ambang batas.

Tahap II pengawasan dilaksanakan pada 27 – 28 Februari 2017 terhadap supermarket yang menjual sayuran daun yaitu Carrefour dan Hypermart. Pengawasan terhadap Good Retail Practices terlihat bahwa supermarket telah menerapkan sistem cara penjualan yang baik melalui penggunaan showcase berpendingin dengan pemisahan antara produk organik dan non organik, namun hasil pengujian terhadap sayuran daun yang diperoleh di supermarket Carrefour dan Hypermart bahwa sayuran daun tersebut mengandung logam berat timbal (Pb) diatas ambang batas, hingga saat berita ini diturunkan pihak Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan telah memberikan surat rekomendasi hasil pengawasan yang harus segera ditindak lanjuti baik oleh petani dan supermarket penjual. (PMHP)

Op. Bid Pertanian