MASYARAKAT ANTUSIAS MENGIKUTI SOSIALISASI PENANGANAN HEWAN QURBAN

27 September 2016
MASYARAKAT ANTUSIAS MENGIKUTI SOSIALISASI PENANGANAN HEWAN QURBAN

Pada tanggal  7 September 2016 Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak menyelenggarakan Sosialisasi Penanganan Hewan Qurban dengan peserta 100 orang yaitu pengurus masjid di seluruh wilayah Kota Pontianak, serta perwakilan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Tanjungpura Pontianak. Kegiatan Sosialisasi Penanganan Hewan Qurban merupakan program kegiatan dari seksi peternakan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak, yang bertujuan untuk memberikan pengajaran serta pelatihan penanganan hewan Qurban yang sesuai dengan syariat Islam tanpa mengesampingkan kesejahteraan hewan baik sebelum pemotongan, ketika pemotongan dan setelah pemotongan.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Pontianak Barat tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak, Ir. Hidayati. Adapun Narasumber untuk kegiatan ini adalah drh. Supriyono, Kabid Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat dengan materi yang disampaikan “Kesejahteraan Hewan”, kemudian Dr. H. Wajidi Sayadi, M.Ag, Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Kalimantan Barat yang menyampaikan materi “Persyaratan Hewan Qurban dan Pemotongan Yang Halal Menurut Syariat Islam”.

Selain diisi materi presentasi oleh narasumber, sosialisasi juga diisi dengan praktek pemotongan hewan Qurban, berupa dua ekor kambing, yang dibimbing oleh H. Saifudin Zuhri S.Ag, M.Pd,I Anggota Komisi Fatwa MUI Provinsi Kalimantan Barat dan Dr. M. Agus Wibowo, M.Si, Auditor Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika MUI (LPPOM-MUI) Provinsi Kalimantan Barat. Selain mengenai penyembelihan yang halal, peserta juga diajarkan bagaimana menentukan ternak yang cukup umur sebagai salah satu syarat hewan Qurban. (Sofia)

Op. Bid Peternakan