PENGAWASAN PASTA DAN BUBUK REMPAH YANG BEREDAR DI PASAR TRADISIONAL DI KOTA PONTIANAK

31 Agustus 2016
PENGAWASAN PASTA DAN BUBUK REMPAH YANG BEREDAR DI PASAR TRADISIONAL DI KOTA PONTIANAK

Tim pengawas mutu hasil pertanian PMHP Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak telah melaksanakan pengawasan pasta dan bubuk rempah yang beredar di pasar-pasar tradisional di Kota Pontianak, hari kamis – jumat tanggal 18 s/d 19 februari 2016. lokasi pengambilan sampel di 6 (enam) pasar tradisional yaitu, Pasar Puring Kecamatan Pontianak Utara, Pasar Flamboyan Kecamatan Pontianak Selatan, Pasar Mawar Kecamatan Pontianak Kota, Pasar Kemuning Kecamatan Pontianak Kota, Pasar Dahlia Kecamatan Pontianak Barat, dan Pasar Teratai Kecamatan Pontianak Barat.

Pengawasan terhadap produk hasil pertanian dilaksanakan baik pada produk segar maupun produk olahan primer seperti pasta rempah dan bubuk rempah yang banyak dijual dipasar tradisional di Kota Pontianak. Pasta rempah adalah hasil penggilingan rempah seperti bawang putih, bawang merah, kunyit dan cabe dengan bantuan air hingga membentuk pasta. Bubuk rempah adalah proses pengecilan ukuran rempah seperti lada dan ketumbar hingga berbentuk bubuk.

Proses pengawasan dilaksanakan melalui teknik visual terhadap sanitasi higiene peralatan yang digunakan penjual diikuti dengan proses pengambilan sampel yaitu pengambilan sampel terhadap pasta rempah dan bubuk rempah. Hasil uji terhadap pasta rempah menunjukkan bahwa pasta rempah yang di jual di 6 (enam) pasar tradisional tidak mengandung formalin, metanil, yellow dan rhodamin β, sedangkan untuk uji bakteri menunjukkan jumlah bakteri pantogen di bawah batas aman. Untuk bubuk rempah dilakukan pengujian jumlah bakteri dengan hasil uji bahwa jumlah bakteri dibawah batas aman.    

TIM PMHP Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak

Op. Bid Pertanian