SERIUS CEGAH RABIES, DPPK KOTA PONTIANAK ADAKAN KEGIATAN VAKSINASI RABIES GRATIS 6 HARI BERTURUT-TURUT DI 6 WILAYAH KECAMATAN DI KOTA PONTIANAK

30 Agustus 2016
SERIUS CEGAH RABIES, DPPK KOTA PONTIANAK ADAKAN KEGIATAN VAKSINASI RABIES GRATIS 6 HARI BERTURUT-TURUT DI 6 WILAYAH KECAMATAN DI KOTA PONTIANAK

Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak kembali mengadakan kegiatan vaksinasi rabies gratis untuk hewan penular rabies (HPR), yakni anjing, kucing dan monyet atau kera selama 6 hari berturut-turut tanggal 8 s/d 13 Agustus 2016 di 6 wilayah kecamatan di kota Pontianak, yakni Kecamatan Pontianak Utara (tanggal 8 Agustus 2016), Kecamatan Pontianak Timur (tanggal 9 Agustus 2016), Kecamatan Pontianak Kota (10 Agustus 2016), Kecamatan Pontianak Barat (11 Agustus 2016), Kecamatan Pontianak Selatan (12 Agustus 2016) dan Kecamatan Pontianak Tenggara (13 Agustus 2016). Kegiatan ini merupakan salah satu program dari seksi peternakan sebagai antisipasi untuk mencegah masuknya penyakit rabies di Kota Pontianak. Kekhawatiran ini cukup beralasan mengingat telah ditemukannya kasus positif rabies di beberapa kabupaten / kota di Kalimantan Barat. Dari tahun 2014 sampai dengan Agustus 2016, tercatat ada 1530 kasus gigitan HPR di Kalimantan Barat dan 26 orang telah meninggal dunia.

 

Tanggapan warga terhadap kegiatan vaksinasi ini cukup positif. Terhitung ada 195 ekor HPR yang telah divaksinasi rabies selama 6 hari kegiatan. Antusiasme masyarakat kota Pontianak yang cukup tinggi ini tidak lepas dari andil pihak kecamatan yang telah mensosialisasikan kegiatan ini ke masyarakat di tingkat kelurahan, RW/RT. Sebelumnya Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak telah mengirim surat pemberitahuan kegiatan ini ke 6 kecamatan di Kota Pontianak. Selain itu sosialisasi yang gencar dilakukan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin rabies untuk hewan peliharaan mereka.

 

Kegiatan vaksinasi rabies gratis ini tidak berhenti sampai disini. Seksi peternakan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak tetap akan melayani permintaan vaksinasi rabies gratis melalui kegiatan dokter hewan keliling (Dokkeling) dengan menghubungi nomor 0561-883295. Kegiatan vaksinasi gratis ini telah berlangsung selama tiga tahun, dan akan terus dilaksanakan setiap tahun demi terciptanya Kalimantan Barat Bebas Rabies (Purba).

Op. Bid Peternakan