UBINAN PADI MUSIM TANAM GADU 2016

29 Agustus 2016
UBINAN PADI MUSIM TANAM GADU 2016

Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak,  melaksanakan kegiatan ubinan padi tahunan tanam gadu 2016 di Kecamatan Pontianak Timur dan Kecamatan Pontianak Utara, yang dilakukan untuk mengetahui produksi gabah kering padi. Selain itu juga mengkoordinasikan kegiatan ubinan padi dengan instansi terkait yaitu Badan Pusat Statistisk Kota Pontianak, penyuluh pertanian dari Kantor Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Pontianak, Perwakilan Kantor Kecamatan dan Kelurahan, Serta Babinsa Dan TNI     

Ubinan padi ini juga dilaksanakan pada tanggal 2, 8 dan 9 agustus 2016, penentuan responden dilakukan oleh badan pusat statistisk Kota Pontianak. Bentuk ubinan empat persegi panjang dengan ukuran 2,5 meter x 2,5 meter di gunakan untuk untuk mempermudah perhitungan luas dengan memilih lokasi yang mewakili suatu hamparan tanaman padi.  

Lokasi sampel ubinan terletak di Jalan Sumi Sumping Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur di pilih 6 (enam) responden, lokasi sampel ubinan lainnya di Jalan Flora Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara di pilih 3 (tiga) responden. Di tetapkan sampel ubinan di wilayah tersebut menggunakan metode responden rumah tangga terdapat aktifitas pertanian padi sehingga mempermudah mendapatkan data ubinan yang bisa mewakili wilayah Kecamatan Pontianak Timur dan  Kecamatan Pontianak Utara. 

Dari hasil ubinan padi dari kegiatan di Kecamatan Pontianak Timur di ketahui hasil rata-rata produksi gabah kering padi 4,7 ton/ha, sedangkan Kecamatan Pontianak Utara di ketahui hasil rata-rata produksi gabah kering padi 4,7 ton/ha, dimana semua responden menggunakan bibit unggul umur 3 bulan panen. Untuk berikutnya akan di laksanakan ubinan padi di Wilayah Kecamatan Pontianak Barat di karenakan pada musim tanam gadu di wilayah tersebut terdapat lahan padi yang siap untuk panen bisa di jadikan sampel ubinan agar dapat di ketahui perkiraan produksi padi dalam 1 ha di daerah tersebut.

Seksi Tanaman Pangan dan Hortikultura

Op. Bid Pertanian