PENGAWASAN PRODUK HASIL PERTANIAN SEGAR YANG BEREDAR DI PASAR TRADISIONAL DI KOTA PONTIANAK

26 Agustus 2016
PENGAWASAN PRODUK HASIL PERTANIAN SEGAR YANG BEREDAR DI PASAR TRADISIONAL DI KOTA PONTIANAK

Tim Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak melaksanakan mengambil sampel produk hasil pertanian segar di pasar tradisional Kota Pontianak dalam rangka melakukan pengawasan produk hasil pertanian di Kota Pontianak.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Hari Senin – Selasa Tanggal 21 – 22 Maret 2016. adapun tempat pengambilan sampel yaitu Pasar Puring Kecamatan Pontianak Utara, Pasar Flamboyan Kecamatan Pontianak Selatan, Pasar Mawar Kecamatan Pontianak Kota, Pasar Kemuning, Kecamatan Pontianak Kota, Pasar Dahlia, Kecamatan Pontianak Barat dan Pasar Teratai, Kecamatan Pontianak Barat.

Pengawasan terhadap produk hasil pertanian dilaksanakan pada produk segar seperti tahu, kecambah, cincau dan kolang kaling yang banyak dijual dipasar tradisional di Kota Pontianak. Produk hasil pertanian segar tergolong produk yang mudah mengalami kerusakan hingga timbul kecurigaan akan adanya penambahan zat/senyawa yang dilarang  dalam makanan.

Dari hasil pengawasan Tim PMHP Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak dari produk tahu, kecambah, cincau dan kolang kaling yang diperoleh dari 6 (enam) pasar tradisional di Kota Pontianak setelah dilakukan uji formalin ternyata produk tersebut negatif formalin, sedangkan untuk produk kincau dilakukan uji Borak dengan hasil negatif.

TIM PMHP Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak

Operator 1