PEMOTONGAN TERNAK DI KOTA PONTIANAK JELANG IDUL FITRI 2016 MENINGKAT DARI TAHUN 2015

20 Juli 2016
PEMOTONGAN TERNAK DI KOTA PONTIANAK JELANG IDUL FITRI 2016 MENINGKAT DARI TAHUN 2015

Pada tanggal 3 sampai dengan 5 Juli 2016 dilakukan pengawasan pemotongan ternak dalam rangka menyambut Idul Fitri 2016 oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjamin tersedianya daging yang aman, sehat, utuh dan halal untuk dikonsumsi bagi masyarakat Kota Pontianak. Adapun pengawasan ini dilakukan terhadap aktivitas pemotongan sapi dan kambing di seluruh kecamatan di Kota Pontianak  karena menjelang hari raya terjadi peningkatan jumlah pemotongan sehingga akan ada pemotongan musiman di luar Rumah Potong Hewan yang rutin diawasi oleh Dinas. Berdasarkan peraturan perundang-undangan, pemotongan di luar RPH diperbolehkan untuk hari besar keagamaan dengan syarat mendapat izin dari Dinas yang membidangi fungsi Peternakan.

Berdasarkan hasil pengawasan oleh petugas pengawas yang terdiri atas Dokter Hewan, Paramedik dan tenaga Peternakan lainnya, pemotongan ternak 3 hari menjelang Idul Fitri 2016 jumlah pemotongan sapi tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H/2016 di Kota Pontianak sebanyak 531 ekor, naik 33,4% dibanding tahun 2015 dengan jumlah pemotongan 398 ekor, dan untuk pemotongan kambing yang terdata tahun ini adalah 201 ekor.  Pada pemeriksaan sebelum pemotongan (ante mortem) semua sapi dan kambing dinyatakan boleh dipotong, namun untuk pemeriksaan setelah pemotongan (post mortem) ditemukan kasus adanya cacing pada hati (Fasciola sp) dan usus (Haemonchus sp) serta radang paru (Pneumonia).  Pemilik sapi dan kambing diminta untuk tidak menjual bagian yang dinyatakan sakit.

Pelaksanaan pengawasan pemotongan ternak menjelang Idul Fitri berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat dan Polsek masing-masing kecamatan dengan 46 titik lokasi pengawasan se-Kota Pontianak. Rata-rata harga jual daging sapi dan kambing sampai dengan H-1 adalah Rp. 130.000-140.000 (daging sapi) dan Rp. 150.000 (daging kambing) atau mengalami kenaikan 16,7 % (daging sapi) dan 15,4% (daging kambing) dari harga sebelum bulan Ramadhan (Sofia).

Operator 3