PENGAWASAN PRODUK HASIL PERTANIAN PERIKANAN DAN PETERNAKAN

06 Juni 2016
PENGAWASAN PRODUK HASIL PERTANIAN PERIKANAN DAN PETERNAKAN

Menjelang bulan suci Ramadhan 1437 H, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan  Kota Pontianak melakukan pengawasan terhadap produk hasil pertanian dan perikanan di beberapa  pasar modern dan pasar tradisional. Sasaran pengawasan adalah produk segar dan olahan hasil pertanian dan perikanan di  pasar modern dan pasar tradisional, seperti daging ayam dan sapi potong, ikan, serta produk olahannya seperti bakso, nugget dan sosis.

Pengawasan bertujuan untuk memastikan bahwa produk yang dijual memenuhi kriteria ASUH (Aman, Sehat dan Utuh dan Halal) khususnya bagi produk daging mengingat sebagian besar masyarakat Pontianak beragama muslim.  Kegiatan pengawasan terhadap produk hasil pertanian dan perikanan dilakukan oleh Dinas Pertania Perikanan dan Kehutanan tidak hanya dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadahan saja tetapi dilakukan secara rutin dan berkala.

Pengawasan produk hasil pertanian dan perikanan di pasar modern dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2016 diantaranya yaitu Hypermart, Freshmart dan Carrefour. Beberapa produk segar dan olahan yang dijual masih memenuhi standar layak konsumsi melalui observasi fisik dan dokumen oleh petugas pengawas mutu hasil pertanian. Tim juga melakukan kunjungan terhadap cold storage milik PT. Adilmart untuk memastikan stok pangan, khsusnya daging ayam dan sapi dalam rangka menyambut bulan puasa mencukupi.

Pengawasan terhadap produk hasil pertanian dan perikanan juga dilaksanakan di pasar tradisional seperti pasar flamboyan, puring, mawar, kemuning, dahlia dan teratai pada tanggal 26 Mei 2016. Beberapa sampel daging ayam dan sapi serta olahannya ikut diambil untuk dilakukan pengujian identifikasi bahan tambahan pangan yang dilarang seperti formalin, boraks, pork detection  serta residu antiobiotik.

(Bidang Pertanian dan Perikanan)

Op. Bid Pertanian