SOSIALISASI TEKNOLOGI HASTON KOTA PONTIANAK TAHUN 2016

25 Mei 2016
SOSIALISASI TEKNOLOGI HASTON KOTA PONTIANAK TAHUN 2016

Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak telah melaksanakan kegiatan sosialisasi teknologi haston pada tanggal 16 maret 2016 bertempat di Ruang Pertemuan UPTD Agribisnis Kota Pontianak. Acara sosialisasi tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kalimantan Barat, unsur Perbankan, Penyuluh Pertanian Kota Pontianak dan 16 kelompok tani pelaksana teknologi haston.

Dalam acara tersebut disampaikan tentang tujuan dan cara budidaya padi dengan tehnik haston, serta dilaksanakan juga diskusi dengan peserta yang akan melaksanakan budidaya padi dengan  teknologi haston di Kota Pontianak, adapun narasumber pada acara sosialisasi tersebut dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, Team Haston, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kalimantan Barat.

Pada musim tanam rendengan tahun 2016/2017, Kota Pontianak menargetkan 100 ha lahan padi untuk di terapkan teknologi haston yang di fasilitasi oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat. Pengembangan teknologi haston pada musim tanam rendengan melibatkan 16 kelompok tani yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Pontianak Utara, Kecamatan Pontianak Timur, Kecamatan Pontianak Tenggara, dan Kecamatan Pontianak Barat.

Kegiatan sosialisasi teknologi haston di Kota Pontianak tahun 2016 dilaksanakan sejalan dengan kebijakan pemerintah Presiden Jokowi yang menetapkan prioritas utama kedaulatan pangan dalam 3 tahun kedepan  pada komoditi pangan khususnya khususnya komoditas padi dalam upaya pencapaian swasembada pangan. Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi teknologi haston di harap petani Kota Pontianak dapat menerapkan pola tanam haston dilapangan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan produksi padi.

(Bidang Pertanian dan Perikanan)

Op. Bid Pertanian