PERSIAPAN RENCANA KERJA 2017

22 Februari 2016
PERSIAPAN RENCANA KERJA 2017

Pada hari Selasa tanggal 26 Januari 2016 bertempat di ruang rapat Kepala Dinas telah dilakukan rapat pembahasan rencana program dan kegiatan tahun 2017 sebagai draft Rencana Kerja (RENJA) tahun 2017 yang dijadikan bahan penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat berupa pengajuan usulan oleh masyarakat pada Musrenbang Kecamatan dapat lebih terarah.

Agenda didahului dengan penyampaian oleh kepala bidang pertanian dan kehutanan Ir Rusli Efendi dan Kabid Peternakan dan perikanan Sudirman S.PI tentang pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2015 berupa bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat di tiap Kecamatan sebagai implementasi beberapa usulan masyarakat pada musrenbang tahun 2014.

Selanjutnya dipaparkan oleh kasubbag perencanaan Kanti Apriani, SP, MT hasil musyawarah Kelurahan di 29 Kelurahan sejak tanggal 11 Januari sampai dengan 22 Januari yang telah selesai diikuti oleh Kepala Bidang, Kepala Seksi, Kepala Subbag dan staf dijajaran Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan. Selanjutnya disampaikan pula beberapa skenario dalam penyusunan Renja 2017 tetap mengacu pada visi Dinas yaitu peningkatan kesejahteraan pelaku usaha pertanian, perikanan dan kehutanan sejahtera kualitas pangan terjamin dan kelestarian lingkungan terjaga, turut mendukung pertumbuhan ekonomi kota pontianak, meningkatkan PDRB sektor pertanian diatas angka 1,63 (realisasi 2014) dan turut mengurangi pengangguran di Kota Pontianak.

Beberapa agenda pembangunan di tahun 2017 yang ditetapkan oleh Ir. Rusli Efendi selaku Kabid Pertanian dan Kehutanan yaitu pengembangan pertanian, perikanan dan kehutanan berkelanjutan dalam rangka mendukung gerakan green economy (ekonomi hijau) dari bidang pertanian dan kehutanan dengan pengembangan pertanian organik dan ramah lingkungan, penghijauan pada luasan lahan kritis dan hutan kota, dari bidang peternakan yang disampaikan oleh                               Endang Sayekti, SPt, MA, MSE untuk tahun 2017 fokus pada peningkatan kesejahteraan hewan. Selanjutnya kasi perikanan Rezki Lestari Arief, SPi, MA, MSE akan merencanakan di tahun 2017 pengembangan konsep blue economy yaitu pembinaan nelayan untuk melakukan penangkapan ikan yang ramah lingkungan tidak menggunakan peralatan dan bahan yang dapat merusak lingkungan dan mengancam keberlanjutan produksi ikan; pelatihan pembuatan pakan tanpa menggunakan pengawet, sosialisasi dan penerapan budidaya ikan yang baik; penerapan zero waste pada pengolahan hasil perikanan dan industri hilir perikanan skala besar sampai skala mikro, selain itu agenda penting ditahun 2017 sebagai dasar penyelenggaraan pembangunan bidang pertanian, perikanan dan kehutanan yaitu pelaksanaan inovasi Dinas yang telah tertuang dalam rencana aksi.

Ir. Hidayati, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan menyampaikan konsistensi antara Renja 2017 dan RKA 2017 sangat diharapkan sebagai bahan evaluasi penyelanggaraan pemerintahan dan pagu anggaran yang akan dijadikan patokan penyusunan Renja 2017 tetap mengacu pada Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2016.

Pelaksanaaan Musrenbang Kecamatan telah dilaksanakan pada 2 – 11 Februari 2016, hasil pelaksanaan musrenbang ditindak lanjuti dengan survey lapangan selama 3 (tiga) hari 15 – 17 Februari 2016 oleh tim teknis dimana hasil survey lapangan akan menyajikan data kelompok tani, kelompok ternak dan kelompok pembudidaya ikan serta lokasi yang akan menerima bantuan berdasarkan usulan, dan hasil survey akan disampaikan dan dijadikan bahan diskusi pada forum gabungan SKPD yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Februari dan Musrenbang RKPD pada tanggal 2 Maret 2016. (Kanti)

Administrator