HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) TERHADAP PELAYANAN DINAS SEMESTER II TAHUN 2015

03 Februari 2016
HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) TERHADAP PELAYANAN DINAS SEMESTER II TAHUN 2015

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan tolak ukur berhasil atau tidaknya kinerja pelayanan kepada masyarakat yang diberikan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak secara keseluruhan, dan secara umum memperoleh nilai yang cukup memuaskan, dengan kategori (B) Baik sampai (A) Sangat Baik  dengan catatan perlu adanya perbaikan pada beberapa unsur pelayanan di unit pelayanan tertentu. Terdapat dua jenis Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) yaitu SKM dengan Biaya, yang merupakan hasil pengukuran tingkat kepuasan responden dalam hal ini masyarakat pengguna jasa unit kerja tersebut saat memperoleh pelayanan yang dibebankan sejumlah biaya, termasuk diantaranya UPTD RPH Sapi, UPTD PPI dan UPTD Agribisnis (Terminal Agribisnis). Selain itu, terdapat pula SKM Non Biaya yaitu hasil pengukuran tingkat kepuasan responden dalam hal ini masyarakat pengguna jasa unit kerja tersebut saat memperoleh pelayanan secara cuma-cuma, termasuk diantaranya penerbitan surat izin dan rekomendasi dari masing-masing bidang dibawah Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan serta penerimaan kunjungan tamu pada UPTD Agribisnis.

Pada tahun 2015 semester II terjadi peningkatan dengan hasil pengukuran SKM dengan Biaya Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak yaitu 86,08 dengan mutu pelayanan  A dan kinerja unit pelayanan Sangat Baik. Sedangkan pada tahun 2015 semester I, hasil pengukuran SKM Biaya Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak yaitu 85,236 dengan pelayanan A dan kinerja unit pelayanan Sangat Baik. Pada IKM Non Biaya Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak Tahun 2015 semester II juga terjadi peningkatan yang signifikan dengan memperoleh angka mutu pelayanan senilai 81,91 dengan mutu pelayanan A dan kinerja unit pelayanan Sangat Baik. Sedangkan pada semester I tahun 2015 hanya berhasil mendapatkan angka mutu pelayanan senilai 80,550 dengan mutu pelayanan B dan kinerja unit pelayanan Baik.

Pada tahun 2015 semester II, nilai SKM dengan Biaya UPTD RPH Sapi terjadi penurunan dari angka 89,046 dengan mutu pelayanan A pada semester I menurun menjadi 81,03 dengan mutu pelayanan B dan kinerja unit pelayanan Baik. Nilai SKM dengan Biaya pada UPTD PPI mengalami peningkatan karena memperoleh nilai 99,07 dengan mutu pelayanan A dan kinerja unit pelayanan Sangat Baik. Padahal pada Tahun 2015 semester I, hasil pengukuran SKM dengan Biaya pada UPTD PPI memperoleh nilai 77,213 dengan mutu pelayanan B dan kinerja unit pelayanan Baik. Untuk nilai SKM dengan Biaya pada UPTD Agribisnis (Terminal Agribisnis) Tahun 2015 semester II mengalami peningkatan dengan berhasil memperoleh nilai 88,25 dengan mutu pelayanan A dan kinerja unit pelayanan Sangat Baik, padahal SKM Biaya UPTD Agribisnis pada tahun 2015 semester I hanya memperoleh nilai 81,828 dengan mutu pelayanan A dan kinerja unit pelayanan Sangat Baik.

Pada UPTD Agribisnis (AVC,OC,dan Raiser), IKM Non Biaya UPTD Agribisnis semester II tahun 2015 memperoleh nilai 80,680 dengan mutu pelayanan B dan kinerja unit pelayanan Baik. Sedangkan nilai SKM Non Biaya Bidang Perikanan dan Peternakan Semester II pada Tahun 2015 mengalami peningkatan dari nilai 84,934 di semester I, menjadi 88,43 dengan mutu pelayanan A dan kinerja unit pelayanan Sangat Baik. ($peREnc$)

Administrator