PROGRAM UPSUS PAJALE KOTA PONTIANAK TAHUN 2015

27 Januari 2016
PROGRAM UPSUS PAJALE KOTA PONTIANAK TAHUN 2015

Sejalan dengan nawacita pemerintah Presiden Jokowi yang menetapkan prioritas utama kedaulatan pangan dalam 3 tahun kedepan ini melalui program UPSUS yaitu komoditas Padi, Jagung dan Kedelai atau yang di kenal dengan istilah PAJALE.

Kota Pontianak sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Barat meskipun memiliki lahan untuk pengembangan 3 komoditas diatas sangat terbatas, namun ikut andil dalam menyukseskan program kedaulatan pangan dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk diusahakan dengan komoditas tanaman padi.

Meskipun Kota Pontianak tidak diprioritaskan untuk pelaksanaan program UPSUS namun Kota Pontianak ikut andil untuk menyukseskan program UPSUS. Hal ini di buktikan dengan ditetapkannya sasaran luas tanam padi di Kota Pontianak untuk MT.2015/2016 seluas 150 ha, dan hingga bulan desember tahun 2015 realisasi tanam padi di Kota Pontianak untuk MT.2015/2016 telah terealisasi seluas 182 ha yang berarti realisasi luas tanam melebihi dari target yang telah di tetapkan sebesar 132%.

 Keberhasilan program UPSUS di Kota Pontianak tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak antara lain TNI, Dinas instansi teknis baik vertikal maupun horizontal, dan para petani yang tergabung dalam kelompok tani maupun gabungan kelompok tani ( GAPOKTAN) serta pihak-pihak terkait lainnya.

(Bidang Pertanian dan Kehutanan)

Op. Bid Pertanian