TEMU USAHA PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERIKANAN

18 Juni 2015
TEMU USAHA PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERIKANAN

Kegiatan Temu Usaha Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kota Pontianak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Pontianak Tahun 2015.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Kota Pontianak tentang ragam produk olahan hasil perikanan. Sasaran yang ingin dicapai melalui kegiatan ini, adalah meningkatnya wawasan masyarakat  akan ragam produk olahan hasil perikanan dan potensi pengolahan produk olahan hasil perikanan yang dapat menambah pendapatan keluarga sehingga meningkatkan kesejahteraannya.

Sepanjang tahun  2015 ini direncanakan aka nada 4 (empat) kali pertemuan yang akan diadakan di kecamatan/ kelurahan yang berbeda. Temu Usaha P2HP yang pertama diadakan di Kecamatan Pontianak Timur dengan sasaran utama Kelurahan Banjar Serasan pada bulan Maret 2015. Temu Usaha P2HP yang pertama ini juga membawa misi untuk memberdayakan istri-istri nelayan sebagai motor penggerak roda perekonomian keluarga. Sebagian besar nelayan Kota Pontianak berdomisili di Kelurahan Banjar Serasan, sehingga kelurahan tersebut menjadi sasaran pertama pelaksanaan Temu Usaha P2HP ini.

Pada pertemuan pertama tersebut diajarkan kepada para peserta Temu Usaha bagaimana membuat Nugget Ikan dan Amplang Ikan Tenggiri. Narasumber merupakan pelaku usaha pembuatan Nugget Ikan dan Amplang Ikan yang telah dibina oleh Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kota Pontianak bersama Penyuluh Perikanan Kota Pontianak dan telah berhasil menjual produk olahannya ke berbagai supermarket di Kota Pontianak.

Temu Usaha P2HP yang kedua, dilaksanakan di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat. Pemilihan lokasi pertemuan kedua ini dikarenakan pada Kelurahan ini banyak terdapat pelaku usaha pengolahan makanan ringan yang tertarik mencoba mengembangkan produknya ke bahan-bahan yang berbahan dasar ikan.

Pada pertemuan kedua ini, narasumber pertama merupakan Kader Tim Penggerak PKK Kota Pontianak yang pernah mewakili Kota Pontianak pada saat Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2013 dan 2014. Narasumber pertama ngajarkan tentang pembuatan pudding tulang ikan. Puding Tulang Ikan pernah diikutsertakan pada Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2013.

Adapun Narasumber kedua adalah pelaku usaha pengolahan Pempek Ikan Tenggiri yang juga merupakan kelompok binaan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kota Pontianak dan Penyuluh Perikanan Kota Pontianak.

Temu Usaha P2HP selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan pada Bulan Oktober dan November tahun 2015. Lokasi pelaksanaan masih belum ditentukan, masih terbuka bagi kelurahan/ kecamatan yang berminat untuk menghubungi Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kota Pontianak. (Q)

Op. Bid Perikanan