SOSIALISASI BAGI PELAKU USAHA IKAN HIAS

08 Juni 2015
SOSIALISASI BAGI PELAKU USAHA IKAN HIAS

Untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha ikan terutama pelaku usaha ikan hias maka UPTD Agribisnis Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak mengadakan sosialisasi bagi pelaku usaha ikan hias. Sosiaisasi ini dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 21 Mei 2015 di Reiser Ikan Hias UPTD Agribisnis.

Sosialisasi ini dihadiri oleh para pelaku usaha ikan hias yang ada di Kota Pontianak baik itu Pedagang Ikan hias, Pembudidaya ikan hias maupun Penggiat Aquascape. Pembicara dalam kegiatan ini terdiri dari salah satu pelaku usaha ikan hias dalam hal ini pembudidaya ikan hias, Ketua Pontianak Aquascape Community dan Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Bidang Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan ini peserta tampak antusias dimana peserta mendapat pengetahuan mengenai Potensi perikanan nonkonsumsi yang dapat dikembangkan di Kota Pontianak mengingat karakteristik Kota Pontianak yang terbatas akan lahan untuk pengembangan usaha dan menjawab kebutuhan masyarakat perkotaan akan estetika lingkungan. Selain itu peserta juga mendapat pengetahuan mengenai penyakit-penyakit dan cara mengatasi/mengendalikan penyakit khususnya pada ikan hias dan peserta juga diajak untuk saling berbagi pengalaman di bidang usaha ikan hias.

Di Kota Pontianak terdapat sekitar 30 Pelaku Usaha Ikan Hias yang terdiri dari pembudidaya dan pedagang ikan hias. Dominan ikan hias yang diusahakan yaitu ikan Arwana, Cupang, Komet, Guppy dan Maskoki dimana prospek pemasarannya cukup bagus di Kota Pontianak terutama jenis ikan Arwana yang pangsa pasarnya para penghobi baik dari dalam maupun luar daerah, ini dapat dilihat dari seringnya diadakan kontes ikan Arwana yang mempunyai nilai estetika dan nilai ekonomi tinggi di Kota Pontianak. ( Utari Ismawati, SP )

Op. UPTD Agribisnis