STAKE HOLDER MEETING DALAM RANGKA PENGENALAN PETUGAS PVUK

30 April 2015
STAKE HOLDER MEETING DALAM RANGKA PENGENALAN PETUGAS  PVUK

Pada hari Senin tanggal 20 April 2015 diselenggarakan pertemuan antar pemangku kepentingan sektor perunggasan (stake holder meeting) di Kota Pontianak yang mengundang peternak unggas dan penyuluh di Kota Pontianak. Pertemuan dilakukan di Ruang Rapat Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak yang beralamat di Jalan Budi Utomo No. 29 Pontianak dan dihadiri sekitar 13 orang. Pertemuan diawali dengan pengenalan mengenai Pelayanan Veteriner Unggas Komersial (PVUK) oleh Kabid Perikanan dan Peternakan yaitu Bapak Sudirman Ismail, S.Pi.

PVUK dibentuk karena kekhawatiran akan penyakit Avian Influenza (AI) atau Flu Burung H5N1 yang menunjukkan bahwa ayam buras bukan merupakan satu-satunya sumber penularan virus AI, namun juga tempat penampungan dan pasar unggas hidup yang terkontaminasi dimana unggas-unggas tersebut berasal dari peternakan unggas komersial.

Petugas PVUK sendiri merupakan petugas teknis yang ditunjuk untuk melaksanakan pembinaan kepada peternak unggas komersial terutama sektor 3 (skala kecil sampai menengah) khususnya mengenai aspek kesehatan unggas untuk menunjang produktivitas unggas. Tujuan diadakannya petugas PVUK adalah :

1.Untuk membangun kepercayaan antara jajaran pemerintah daerah dengan peternak unggas komersial;

2.Membantu merancang program pemerintah daerah untuk profil usaha peternakan unggas komersial;

3.Membantu program pemberantasan Flu Burung tahun 2020;

4.Mendukung institusi pemerintah untuk meningkatkan kapasitas petugas Dinas.

Adapun bentuk kegiatan PVUK meliputi :

1.Melakukan investigasi, surveilans, pengendalian wabah, melaksanakan diagnosa dan pencegahan penyakit di peternakan unggas komersial;

2.Melaksanakan pertemuan dengan para pemangku kepentingan (Stake Holder Meeting);

3.Melakukan pelatihan biosecurity, vaksinasi dan manajemen dalam rangka peningkatan produktivitas (Farmer Training);

4.Meninjau ulang manajemen peternakan unggas komersial dan memberikan saran tentang tatcara untuk meningkatkan upaya pencegahan penyakit (Farm Visit);

5.Melakukan upaya-upaya dalam rangka pembebasan AI (Flu Burung).

Petugas PVUK di Kota Pontianak sendiri ada dua orang yaitu drh. Sofia Febriyanita dan Endang Sayekti, S.Pt., MA., MSE yang telah mengikuti bimbingan teknis PVUK yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian melalui penganggaran dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu yang lalu.

Setelah pengenalan PVUK oleh Kabid Perikanan dan Peternakan dilanjutkan dengan Sosialisasi Penyakit Avian Influenza (Flu Burung) oleh drh. Sofia Febriyanita dan dilanjutkan dengan sharing atau diskusi mengenai usaha peternakan yang dimiliki peternak. Melalui program PVUK ini diharapkan terjalin komunikasi antara peternak dan petugas sehingga dapat membantu permasalahan yang dihadapi peternak di lapangan dalam rangka mendukung swasembada pangan di Indonesia. (Sofia)

Op. Bid Peternakan