UPAYA KHUSUS (UPSUS) PERCEPATAN SWASEMBADA PANGAN UNTUK KOMODITI PADI DI KOTA PONTIANAK TAHUN 2015

21 April 2015
UPAYA KHUSUS (UPSUS) PERCEPATAN SWASEMBADA PANGAN  UNTUK KOMODITI PADI DI KOTA PONTIANAK TAHUN 2015

Sejalan dengan program pemerintah pusat berkaitan dengan swasembada pangan nasional melalui Upaya Khusus (UPSUS) percepatan swasembada pangan khususnya komoditi padi, Pemerintah Kota Pontianak Melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak mengajak petani padi di wilayah Kota Pontianak untuk membiasakan bertanam padi setahun dua kali tanam yaitu pada musim tanam rendengan dan gadu. Meskipun lahan padi di Kota Pontianak tidak seluas jika dibandingkan dengan luas lahan padi di wilayah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.

Selama ini petani terbiasa bertanam padi hanya di musim rendengan, untuk mengoptimalkan peningkatan produksi, provitas dan IP (Intensitas Pertanaman) padi sangat diperlukan bertanam di musim tanam gadu, sekaligus dengan memberikan bantuan sarana produksi pertanian (benih, pupuk, pestisida). Berdasarkan hasil perkiraan luasan lahan padi di Kota Pontianak tahun 2015 Musim tanam gadu + 13 ha dan Musim tanam rendengan + 175 ha.

Dengan luas lahan padi yang terbatas pada wilayah Kota Pontianak perlu juga dengan membiasakan bertanam padi 2 (dua) kali dalam satu tahun, sejalan dengan dengan hal tersebut diperlukan sinersisitas yang baik dan instansi terkait yaitu Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Pertanian Perikanan Dan Kehutanan Kota Pontianak, Kantor Ketahan Pangan Kota Pontianak dalam menyukseskan program tersebut.

 
 

Op. Bid Pertanian