BERAMAI-RAMAI MEMVAKSINKAN RABIES HEWAN PELIHARAANNYA

09 April 2015
BERAMAI-RAMAI MEMVAKSINKAN RABIES HEWAN PELIHARAANNYA

Pada tanggal 25 dan 26 Maret 2015 Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak melakukan kegiatan vaksinasi Rabies gratis di Kelurahan Tanjung Hulu Kecamatan Pontianak Timur. Pada tanggal 24 Maret 2015 vaksinasi dilaksanakan di Jalan Bintangor Perum 3 di kediaman Bapak Tunggul PSY. Ada sekitar  11 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) yang telah divaksinasi dan semuanya adalah anjing baik anjing ras maupun anjing lokal. Sedangkan pada tanggal 25 Maret 2015 vaksinasi dilakukan di kediaman Ibu Ami yang beralamat di Jalan Ya’m Sabran Gg. Pentagon. Antusiasme warga terhadap kegiatan vaksinasi ini cukup tinggi yang ditandai dengan jumlah HPR yang divaksinasi yang cukup banyak yaitu 25 ekor anjing dan 1 ekor kucing. Beberapa anjing merupakan jenis anjing ras seperti Peking dan Teckel (Dachsund) sementara kucing yang divaksin adalah kucing jenis ras Persia. Ada beberapa warga yang akan melakukan vaksinasi kucing lokal miliknya, namun kondisi kucing tersebut tidak sehat sehingga tidak dapat dilakukan vaksinasi karena vaksinasi harus dilakukan terhadap hewan yang sehat.

Beralih pada tanggal 26 Maret 2015, vaksinasi Rabies gratis dilakukan di Kelurahan Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara. Pelaksanaan vaksinasi di Yayasan Abadi yang beralamat di Jalan Selat Sumba. Sebanyak 35 ekor anjing jenis lokal dan ras seperti Pomeranian, Shih Tzu, Peking dan Teckel serta 1 ekor klempiau berhasil divaksinasi.

Pada tanggal 31 Maret 2015 vaksinasi Rabies dilaksanakan di rumah kediaman Dyah Sulastri yang beralamat di Jalan Tabrani Ahmad Komplek Mandau Permai Blok E No. 2, Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat. HPR kali ini adalah hewan kucing jenis lokal atau kucing kampung. Jumlah kucing yang berhasil divaksinasi sebanyak 33 ekor.

Selain kegiatan vaksinasi, dilakukan juga pembagian leaflet ‘Waspada Bahaya Rabies’. Pembagian leaflet ini ditujukan agar masyarakat tahu bagaimana cara mencegah penyakit Rabies dan tindakan pertama apabila tergigit oleh HPR serta diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya melakukan vaksinasi hewan peliharaannya terhadap ancaman penyakit Rabies terlebih setelah beberapa Kabupaten di Kalimantan Barat yaitu Ketapang dan Melawi terjadi wabah Rabies yang telah menelan korban manusia.

Jenis HPR yang dapat dilakukan vaksinasi seperti anjing, kucing, kera (monyet), musang. Sebaiknya HPR yang akan divaksinasi terlebih dahulu diberi obat cacing sebelum dilakukan vaksinasi. Hal ini bertujuan agar vaksinasi yang diberikan dapat lebih efektif dan hewan benar-benar sehat sehingga mampu membentuk kekebalan yang maksimal (Sofia).

Operator 3