Percontohan Budidaya Sayuran Daun Secara Vertikultur Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak

23 Oktober 2014
Percontohan Budidaya Sayuran Daun Secara  Vertikultur Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak

pertanian.pontianakkota.go.id

 

Pertanian dengan menggunakan sistem pot bertingkat (vertikultur) merupakan cara budidaya tanaman yang memiliki ruang atau lahan sangat terbatas khususnya pada daerah perkotaan. Untuk itu Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak memulai persiapan pembuatan beberapa percontohan vertikultur tanaman sawi, bayam, kangkung, seledri, daun bawang.

Budidaya sayur dengan sistem vertikultur dengan jenis sayuran daun yang perlu diperhatikan dalam persiapkan alat dan bahan budidaya tanaman secara vertikultur, yaitu: paralon, rak-rak, media tanah dan pupuk organik, serta kegiatan penanaman dan pemeliharaan.

Persyaratan vertikultur adalah kuat dan mudah dipindah-pindahkan dalam posisi tegakkan berdiri sendiri (free stand). Pertanian vertikultur merupakan salah satu inovasi pertanian untuk ketahanan pangan (Food Security) untuk ekonomi keluarga sehari-hari,  serta menciptakan suasana sejuk, hijau, pandangan mata yang menyegarkan, peyerap debu yang beterbangan dan manfaat lainnya system budidaya vertikultur adalah meminimalisir efek panas bumi.

Dari percontohan vertikultur tersebut diharapkan diperoleh data pemeliharaan, pemupukan, panen serta penanggulangan hama dan penyakit untuk tanaman hortikultura sehingga dapat dijadikan informasi dasar guna penerapan bertanam vertikultur di Kota Pontianak.

Tujuan Hasil budidaya tanaman secara vertikultur dapat membantu perekonomian masyarakat Kota Pontianak dalam menunjang program penghijauan lingkungan yaitu dapat memproduksi tanaman sehat di lingkungan rumah tangga guna mengubah pola hidup masyarakat menjadi pola hidup alamiah, praktis, murah, ekonomis dan sehat.

(Suluh Fatika H, SP)

Op. Bid Pertanian