Luas Lahan Padi Kota Pontianak 2014

23 Oktober 2014
Luas Lahan Padi Kota Pontianak 2014

pertanian.pontianakkota.go.id

 

Dalam rangka pengamanan produksi beras nasional dalam menghadapi  kondisi iklim ekstrim Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak dan Kantor Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kota Pontianak bersama-sama menginventarisai luasan lahan padi yang ada di Kota Pontianak yang masih melakukan aktifitas bertani padi tahun 2014 kurang lebih 174 ha.

Adapun luasan lahan padi tersebut tersebar di 6 (enam) kecamatan yaitu : Kecamatan Pontianak Utara, Kecamatan Pontianak Timur, Kecamatan Pontianak Kota, Kecamatan Pontianak Selatan, Kecamatan Pontianak Tenggara dan Kecamatan Pontianak Barat.

Untuk luasan lahan padi terbesar terletak di Kecamatan Pontianak Barat dengan luasan lahan padi 85 ha dan Kecamatan Pontianak Utara dengan luasan lahan padi 20 ha yang sebagaian besar merupakan lahan tadah hujan.

Pada saat ini masih didominasi oleh padi lokal  dengan masa tanam lebih panjang. Secara bertahap Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak melakukan pembinaan penggunaan bibit unggul serta tata cara penggunaan pupuk  bersubsidi secara lebih merata. Program peningkatan produktivitas padi ini tertuang dalam RPJMP (2015-2019) kota pontianak.

(Alarmiah Ayuningsih. SP)

Operator 1