Cacing Pita, Cacing Mata dan Pneumia Ditemukan pada Hewan Kurban

14 Oktober 2014
Cacing Pita, Cacing Mata dan Pneumia Ditemukan pada Hewan Kurban

Pengawasan terhadap hewan kurban oleh tim dari Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Pontianak yang bergabung dengan tim dari Provinsi yaitu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi KALBAR, telah dilaksanakan dari tanggal 30/09/2014 s/d 7/10/2014 di setiap kecamatan yang ada di Kota Pontianak. Adapun jumlah hewan kurban yang telah dilakukan pemeriksaan oleh tim gabungan dengan jumlah total hewan sapi 1.136 ekor dan hewan kambing sebanyak 968 ekor.

Kasi. Peternakan DPPK Kota Pontianak Endang Sayekti, S.Pt., MA., MSE menjelaskan bahwa Hari Raya Idul Adha tahun ini masih ditemukan beberapa penyakit seperti adanya cacing pita, cacing mata dan pneumia atau radang paru-paru pada hewan kurban yang diperiksa. Hal ini ditemukan hampir di setiap kecamatan di Kota Pontianak. “Pedagang yang berjualan di sepanjang ruas jalan di Kota Pontianak ada yang menolak hewan dagangannya diperiksa dengan alasan takut jualannya menjadi tidak laku, hal ini juga menyebabkan terkendalanya pemeriksaan dilapangan saat pengawasan”, jelas Endang.“ Ada juga penjual yang mau diperiksa tapi tidak mau dipasang peneng/label telah diperiksa oleh petugas dengan alasan yang sama”, tambahnya. Sehingga pengawasan dilakukan hanya pada penjual yang bersedia untuk diperiksa saja dan penjual yang mau diberikan peneng/label telah diperiksa.

“Untuk kedepannya saya menghimbau masyarakat khususnya di wilayah Kota Pontianak harus lebih cermat dalam memilih hewan kurban yang akan dibeli dan pastikan hewan kurban yang dipilih telah diperiksa dan memiliki peneng/label telah diperiksa oleh petugas, sehingga hewan kurban yang dibeli benar-benar sehat dan dagingnya layak untuk dikonsumsi”, jelas Endang.

Adapun rekap data pemeriksaan hewan kurban di wilayah Kota Pontianak selangkapnya dapat dilihat pada laman download (Uria K. Sely S).

Op. Bid Peternakan