PERAN SERTA DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA PONTIANAK DALAM ACARA FESTIVAL KUCING KAMPUNG 3 PONTIANAK

18 Februari 2020
PERAN SERTA DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA PONTIANAK DALAM ACARA FESTIVAL KUCING KAMPUNG 3 PONTIANAK

Dalam rangka acara Festival Kucing Kampung 3 Pontianak, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak turut serta dalam memberikan pelayanan vaksinasi Rabies dan pemeriksaan serta pengobatan bagi kucing baik kucing Ras maupun Lokal (Kampung) secara gratis. Acara yang diadakan pada hari Minggu tanggal 16 Februari 2020 ini dilaksanakan sejak pukul 07.00 sampai dengan 12.30. Acara dibuka dengan Kata Sambutan oleh Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak yaitu Bapak Bintoro, SH., MM. Kemudian diikuti serangkaian acara lainnya seperti talkshow terkait virus oleh Praktisi Hewan Kecil drh. Noor Asy Syifa dan drh. Yeriko, dan dilanjutkan dengan perlombaan dengan kategori kucing terfavorit, kucing terunik, kucing disabilitas, kucing tergemuk, cat fashion show, dan cat show.

Sepanjang rangkaian acara tersebut pelayanan vaksinasi Rabies dan pemeriksaan kesehatan hewan gratis dilakukan di masing-masing stand dengan peserta mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Adapun jumlah personel yang dikerahkan sebanyak 9 orang, di antaranya  3 orang Medik Veteriner, 3 orang Paramedik Veteriner, dan 3 orang petugas pencatat (administrasi). Meskipun dari awal kegiatan telah turun hujan, kegiatan tersebut cukup mendapat atensi dari warga pencinta kucing. Adapun total kucing yang divaksinasi sebanyak 87 ekor dan yang mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan sebanyak 62 ekor.

Kucing-kucing yang divaksin sebagian besar merupakan kucing yang baru pertama kali divaksin sehingga pemeriksaan kesehatan yang teliti perlu dilakukan karena vaksinasi harus diberikan terhadap kucing yang sehat. Beberapa kucing yang ditolak divaksin antara lain kucing yang di bawah umur 3 bulan, sedang hamil atau masih menyusui, dan kucing yang saat pemeriksaan terdiagnosa sakit seperti dehidrasi, anemia, kutuan, kurap, pilek, jamuran, radang telinga, dan lain-lain. Kucing-kucing tersebut kemudian diarahkan untuk mendapatkan pengobatan di stand pengobatan yang ada agar dapat segera mendapat tindakan. Adapun beberapa penyakit yang ditemukan pada kucing saat pengobatan antara lain kurap, pilek, radang mata, mata buta, diare, radang mulut (sariawan), konstipasi, dan lain-lain. Semua kucing diberikan pengobatan yang berupa suntikan vitamin, anti ektoparasit, antibiotik, ataupun obat berupa sirup atau bubuk sachet untuk diminumkan di rumah, atau diresepkan obat untuk ditebus di apotek apabila obat yang diperlukan tidak tersedia (V).

 

 

Op. Bid Peternakan