Penilaian Ombudsman Terhadap Pelayanan UPTD RPH Sapi Masuk Jalur Hijau

06 Oktober 2014
Penilaian Ombudsman Terhadap Pelayanan UPTD RPH Sapi Masuk Jalur Hijau

Kamis, 2 Oktober 2014 tepatnya pada pukul 11.00 WIB Tim dari Ombudsman mendatangi UPTD RPH Sapi Kota Pontianak yang berlokasi di JL. Pelabuhan Rakyat, Nipah Kuning Pontianak. Tim terdiri dari petugas dari Ombudsman sendiri dan didampingi dari Bagian Organisasi serta Inspektorat Kota Pontianak. Tim tersebut disambut langsung oleh Zainuddin, S.TP selaku kepala UPTD RPH Sapi.

Penilaian dititikberatkan pada pelayanan publik dengan wujud tersedianya fasilitas dan informasi yang berkaitan dengan pelayanan publik. Adapun hal-hal yang dinilai terdiri dari 11 item seperti terdapatnya layanan pengaduan bagi masyarakat dengan disediakan kotak pengaduan berikut alur pengaduannya. Selain itu, tersedianya informasi pelayanan pemotongan sapi di UPTD RPH Sapi dengan ditampilkannya alur SOP Pemotongan Hewan dan SOP Penagihan Retribusi berdasarkan PERDA Kota Pontiananak Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Retribusi Jasa Usaha yaitu sebesar Rp 50.000,00. Fasilitas yang wajib disediakan oleh badan atau instansi pemerintahan dalam rangka pelayanan publik adalah ruang Laktasi (ruang ibu menyusui) dan ruang pengaduan yang menfasilitasi adanya pengaduan yang datang dari masyarakat.

Hj. Rita Hastarita, S.Sos, M.Si selaku perwakilan dari Bag. Organisasi Kota Pontianak menjelaskan terkait dengan penilaian saat tersebut. “Fasilitas, Informasi dan Pelayanan yang terdapat di UPTD RPH Sapi Kota Pontianak ini sudah cukup lengkap dan baik, ditandai dengan disediakannya ruang untuk ibu menyusui walaupun jarang bahkan tidak digunakan, namun selaku instansi pemerintahan yang berkomitmen melayani masyarakat kita wajib menyediakannya”, kata Rita. Ia mengapresiasi terhadap tampilan SOP Pemotongan Hewan Sapi yang ada di ruang tunggu di UPTD RPH Sapi baik sekali, karena tidak hanya menampilkan alur dengan kata-kata saja namun dilengkapi dengan gambarnya langsung sehingga memiliki tampilan yag atraktif dan mudah dipahami. “Bapak bisa memberikan laporan ke dinas bahwa hasil dari penilaian hari ini berada pada jalur hijau pak”, tutup Rita.  Jalur hijau merupakan penilaian kategori baik dari Tim Ombudsman (Uria K. Sely Sakong).

Op. Bid Peternakan