INOVASI BARU MENGAWALI PERGANTIAN TAHUN

28 Januari 2020
INOVASI BARU MENGAWALI PERGANTIAN TAHUN

Mengawali tahun 2020, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak melalui bidang Peternakan membuat inovasi baru dalam pelayanan kesehatan hewan yang dinamai Pontianak Pet Health Day (Ponpeda) setalah pada tahun sebelumnya (2019) program inovasi Dokkeling (Dokter Hewan Keliling) sukses dan mendapatkan inovasi Terbaik I dalam Pekan Inovasi Laboratorium dan Produk Unggul Daerah di Pontianak.

Pontianak Pet Health Day (Ponpeda) merupakan kegiatan pelayanan vaksinasi Rabies dan pengobatan hewan kesayangan tanpa biaya alias gratis yang dilakukan pada Minggu ke-4 setiap bulannya. Waktu pelaksanaan bertepatan dengan momen Car Free Day (CFD) yaitu dari pukul 06.00 sampai dengan 09.00 WIB bertempat di halaman Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Pontianak yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Adapun uji coba Ponpeda ini telah dilaksanakan pada akhir tahun 2019 tepatnya pada hari Minggu tanggal 8 Desember 2019 untuk melihat respon dan antusias warga Kota Pontianak terhadap adanya kegiatan tersebut. Dan ternyata antusias warga yang membawa hewan kesayangannya baik anjing maupun kucing untuk divaksin Rabies dan diobati sangat tinggi sekali. Terbukti dengan antrian vaksinasi dan pengobatan yang panjang, dengan total 157 ekor hewan divaksinasi Rabies dan 40 ekor hewan yang mendapatkan pengobatan. Warga bahkan memberi saran agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara rutin oleh Dinas.

 Pelaksanaan Ponpeda mengawali tahun 2020 ditetapkan pada Minggu ke-4 yang jatuh pada bulan Januari yang jatuh pada tanggal 26.  Pada Ponpeda bulan Januari ini jumlah peminat cukup banyak dengan data jumlah hewan yang divaksinasi sebanyak 40 ekor dan yang diobati sebanyak 30  ekor (V).

Op. Bid Peternakan