MONITORING DAN EVALUASI CALON PENERIMA BANTUAN SAMPAN BERMOTOR YANG BERSUMBER DARI DANA ALOKASI KHUSUS (DAK)

02 Desember 2019
MONITORING DAN EVALUASI CALON PENERIMA BANTUAN SAMPAN BERMOTOR YANG BERSUMBER DARI DANA ALOKASI KHUSUS (DAK)

Pada tahun 2019 ini Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak mendapatkan bantuan Sampan Bermotor melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang akan direalisasikan pada tahun depan yaitu Tahun 2020. Oleh karena itu, Bagian Perencanaan yang mengurus anggaran pada Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak bersama tim dari Bidang Perikanan khususnya dari Seksi Perikanan Tangkap yang berurusan langsung dengan para nelayan, secara bersama-sama melakukan monitoring dan evaluasi pada nelayan Kota Pontianak sebagai Calon Penerima Bantuan Sampan Bermotor agar dapat ditentukan nelayan mana yang layak mendapatkan bantuan. Bantuan Sampan Bermotor akan diberikan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh para nelayan.

Terdapat 6 (enam) kelompok nelayan yang di survei oleh tim monitoring dan evaluasi yaitu Kelompok Nelayan Perikanan Tangkap Batulayang Berkah, Kelompok Nelayan Perikanan Tangkap Hidayah, Kelompok Nelayan Perikanan Tangkap Maju Terus, Kelompok Nelayan Perikanan Tangkap Maju Jaya, Kelompok Nelayan Perikanan Tangkap Barokah, kelimanya berlokasi di Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara, sedangkan untuk Kelompok Nelayan Perikanan Tangkap Kuini Bersatu berlokasi di Gg. Kuini 1 Kecamatan Pontianak Barat.

Saat melakukan survei tim monitoring dan evaluasi melakukan wawancara terkait beberapa hal seperti keadaan sampan dan alat tangkap yang mereka miliki saat ini, hingga hal terkait jumlah hasil tangkapan dan lokasi penangkapan. Selain itu juga ditanyakan kebutuhan dan juga keluhan dalam proses penangkapan ikan oleh nelayan. Diharapkan untuk kedepannya bantuan yang nantinya akan diterima oleh para nelayan selaku Calon Penerima Bantuan Sampan Bermotor dapat digunakan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin dalam penangkapan ikan agar meningkatkan hasil tangkapan para nelayan sehingga dapat meningkatkan perekonomian nelayan itu sendiri. (R/266)

 

Administrator