ANTUSIAS WARGA DALAM KEGIATAN VAKSINASI DAN PENGOBATAN HEWAN DI PEKAN HORTIKULTURA IV 2019 KOTA PONTIANAK

07 November 2019
ANTUSIAS WARGA DALAM KEGIATAN VAKSINASI DAN PENGOBATAN HEWAN DI PEKAN HORTIKULTURA IV 2019 KOTA PONTIANAK

Selama 10 hari Pekan Hortikultura IV 2019 diselenggarakan oleh Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak tepatnya sejak tanggal 11-20 Oktober 2019. Agenda kegiatan di Pekan Hortikultura 4 meliputi pameran dan bursa tanaman hias, anggrek, bibit buah, hidroponik dan ikan hias, kontes tanaman hias, vaksinasi Rabies gratis, dan pelayanan kesehatan hewan (yankeswan).

Pada stand yankeswan dan vaksinasi Rabies gratis, antusias warga membawa hewan peliharaannya antara lain, anjing, kucing, dan musang sangat tinggi meskipun terkadang cuaca tidak mendukung dengan turunnya hujan. Hal tersebut terbukti dengan antrian yang sudah ada sebelum stand dibuka yaitu dari pukul 15.00-17.00 WIB. Selain itu pelayanan harus selesai sampai menjelang Isya.

Adapun hasil rekapitulasi kegiatan vaksinasi Rabies dan pengobatan hewan gratis selama 10 hari tersebut adalah 358 ekor anjing, kucing, dan musang yang divaksin Rabies dan 92 ekor anjing dan kucing yang diberikan tindakan pengobatan. Hewan yang sakit di antaranya menderita penyakit Scabies (gudiken), Otitis (infeksi telinga), Ear Mite (Tungau Telinga), Dermatitis (radang kulit), Influenza (pilek), Abses (luka bernanah), Enteritis (diare), Conjungtivitis (mata merah), Pharingitis (radang tenggorokan), Pedikulosis (kutuan), Helminthiasis (cacingan), dll. Pengobatan yang diberikan antara lain berupa injeksi dan pemberian resep ataupun obat minum untuk dibawa pulang pemilik hewan (Sofia).

Op. Bid Peternakan