PEMBUKAAN PAMERAN PEKAN LABORATORIUM INOVASI DAERAH KOTA PONTIANAK TAHUN 2019

28 Oktober 2019
PEMBUKAAN PAMERAN PEKAN LABORATORIUM INOVASI DAERAH  KOTA PONTIANAK TAHUN 2019

Pada Pontianak Expo Tahun 2019 ini, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak menjadi salah satu peserta Pameran Pekan Laboratorium Inovasi Daerah Kota Pontianak, Pameran Produk Unggulan Khas Daerah Tahun 2019, dan Pameran Pasar Keuangan Rakyat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pontianak. Sebagai salah satu instansi Pemerintah yang bernaung di bawah Pemerintahan Kota Pontianak, Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak juga turut serta dalam pameran tersebut dengan menampilkan 10 (Sepuluh) Inovasi yaitu (1) SI DAPIN (Sistem Informasi dan Database Perikanan Pintar), (2) GEMARIKAN EMAS untuk SI BUAH HATI ( Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Enak Murah Aman Sehat), (3) DOKKELING (Dokter Hewan Keliling), (4) JULEHA SI ANAK ASUH (Juru Sembelih Halal dalam memproduksi daging sapi/kerbau yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal), (5) Fun Weekend with Aloe Vera,  (6) Pengolahan Lidah Buaya, (7) Sayur Sehat, (8) Sistem Layanan 1771 dan dua inovasi terbaru adalah (9) Si Bankot Tambah Sapi dan (10) Bumi Petani.

Sejak hari pertama para pengunjung yang mengunjungi stand Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak juga mendapatkan berrbagai souvenir menarik, seperti Goodybag yang berisi leaflet informasi seputar pertanian perikanan dan snack olahan perikanan, gelas mug dengan logo SiDapin dan Gemarikan, baju kaos gemarikan, anakan tanaman aloevera, tanaman seledri, tanaman bunga mawar , tanaman bunga chrysant serta pin dan gantungan kunci. Namun, untuk mendapatkan souvenir tanaman, para pengunjung harus memfollow akun instagram resmi milik Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, @dp3 .pontianak. Untuk mendapatkan mug dan kaos, masyarakat diajak untuk bermain kuis ataupun menerima tantangan dari petugas jaga stand. Sedangkan untuk pin dan gantungan kunci diberikan kepada para pengunjug yang berkunjung ke pelayanan Dokkeling untuk memeriksakan kesehatan hewan ataupun untuk memberikan vaksin rabies guna menjaga kesehatan hewan peliharaannya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada hari pertama pembukaan Pameran Pekan Laboratorium Inovasi Daerah Kota Pontianak dan Pameran Produk Unggulan Khas Daerah Tahun 2019 di stand Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak juga menyuguhkan acara Makan Buah gratis. Selain itu pada tahun ini, di stand Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak juga menyuguhkan Tumpeng Pangan Lokal yang merupakan olahan dari pangan lokal. Untuk setiap harinya selama Pameran Pekan Laboratorium Inovasi Daerah dan Pameran Produk Unggulan Khas Daerah Tahun 2019, stand Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak menyuguhkan minuman gratis yaitu Jus Aloevera yang merupakan olahan dari tanaman Lidah Buaya dan Sirup Ikan yang merupakan minuman olahan berbahan dasar ikan Nila yang beraneka ragam. Ada yang dipadu padankan dengan Tanaman Rosella, ada pula yang di campur dengan Buah Lemon dan ada pula yang diolah bersama Daun Kelor yang ternyata banyak diminati oleh para pengunjung.

Selain itu, Stand Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak dilengkapi dengan meja pelayanan inovasi Dokkeling (Dokter Hewan Keliling) bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi gratis ataupun hanya ingin sekedar berkonsultasi seputar masalah pelayanan kesehatan hewan. Pelayanan ini disambut meriah oleh masyarakat Pontianak terutama para Pet Lovers. Animo masyarakat yang membludak membuat antrian panjang di depan Stand Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak.

Pameran Pekan Laboratorium Inovasi Daerah Kota Pontianak sekaligus Pameran Produk Unggulan Khas Daerah Kota Pontianak bertujuan menginformasikan dan menunjukkan kepada masyarakat Kota Pontianak khususnya, tentang produk-produk unggulan Kota Pontianak dan Inovasi-inovasi yang telah dan sedang dilakukan oleh berbagai instansi Pemerintah Kota Pontianak dalam rangka memajukan Kota Pontianak agar menjadi Kota yang berwawasan lingkungan yang cerdas dan bermartabat. (R/556)

Administrator