RANGKAIAN KEGIATAN SAMBUT HARI RABIES SEDUNIA (WORLD RABIES DAY) YANG MENGANGKAT TEMA RABIES : VACCINATE TO ELIMINATE DI KOTA PONTIANAK

03 Oktober 2019
RANGKAIAN KEGIATAN SAMBUT HARI RABIES SEDUNIA (WORLD RABIES DAY) YANG MENGANGKAT TEMA RABIES : VACCINATE TO ELIMINATE DI KOTA PONTIANAK

Dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) yang di tahun 2019 ini mengangkat tema Rabies : Vaccinate to Eliminate (Vaksinasi Tuntas Rabies Bebas), pada tanggal 26-27 September 2019, telah diadakan kegiatan sterilisasi (ovariohysterectomi) dan kastrasi gratis untuk hewan penular Rabies (HPR) di antaranya kucing dan anjing domestik/lokal. Sterilisasi (ovariohysterectomi) merupakan tindakan bedah berupa pengangkatan saluran reproduksi betina dari ovarium sampai rahim yang bertujuan agar tidak terjadi pembuahan dan kebuntingan, sedangkan kastrasi merupakan tindakan bedah berupa pengangkatan saluran reproduksi jantan berupa testis dengan tujuan tidak dapat membuahi betina.

Sasaran HPR adalah kucing atau anjing terlantar/tidak berpemilik atau berpemilik yang berjenis domestik dengan asal Kota Pontianak.  Kegiatan dilaksanakan di Puskeswan Kota Pontianak yang beralamat di Jl. Parit Pangeran Komplek UPT Agribisnis dan bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Kalimantan Barat. Adapun rincian kegiatan pada tanggal 26 September 2019 adalah kastrasi 7 ekor kucing dan steril 11 ekor kucing betina. Sementara di tanggal 27 September 2019 sebanyak 4 ekor kucing dan 1 ekor anjing telah dikastrasi dan 11 ekor kucing betina disterilisasi. Pasca sterilisasi akan dilakukan kontrol untuk semua hewan yang masih belum stabil kondisinya dan khusus untuk betina dilakukan kontrol luka jahitan.

Selain kegiatan kastrasi dan steril ini, sebelumnya pada minggu pertama dan kedua di bulan September telah dilaksanakan kegiatan vaksinasi Rabies gratis dari rumah ke rumah (door to door) dengan target utama anjing di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kubu Raya dan Mempawah karena telah terdapat kasus Rabies positif. Wilayah yang tertarget adalah Kecamatan Pontianak Utara, Timur dan Tenggara. Total 154 ekor HPR telah divaksin Rabies  (Sofia).

 

Op. Bid Peternakan