MENCARI SOLUSI PEMBUKAAN LAHAN RAMAH LINGKUNGAN DALAM REMBUG TANI KOTA PONTIANAK TAHUN 2019

26 September 2019
MENCARI SOLUSI PEMBUKAAN LAHAN RAMAH LINGKUNGAN DALAM  REMBUG TANI KOTA PONTIANAK TAHUN 2019

Rembug tani merupakan salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan yang dilakukan secara rutin dalam menjalankan usahataninya yang difasilitasi oleh penyuluh yang berada di wilayah kerja penyuluh pertanian. Dalam rembug tani dibahas berbagai hal terkait hambatan dan permasalahan  usahatani yang dihadapi oleh kelompoktani, untuk kemudian dicari bersama solusi  terbaik atas permasalahan tersebut.

Rembug Tani Kota Pontianak Tahun 2019 telah dilaksanakan pada tanggal 19 September 2019. Bertempat di aula Aloe Vera Center Kota Pontianak, kegiatan rembug tani Kota Pontianak dihadiri oleh anggota kelompoktani dari 6 kecamatan se-Kota Pontianak. Materi yang disampaikan pada rembug tani ini sangat terkait erat dengan kondisi faktual di Kota Pontianak, yaitu bencana asap akibat pembakaran hutan dan lahan. Materi disampaikan oleh  dua orang narasumber yaitu  Bapak Edi Susanto SP dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat dan Bapak Dr. Muhammad Hatta yang merupakan peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  Kalimantan Barat.

 

Dalam paparannya, narasumber dari BPBD Provinsi Kalimantan Barat menjelaskan berbagai penyebab dan dampak kebakaran hutan dan lahan ( karhutla) yang terjadi di Kalimantan Barat. Sebagai salah satu penyebab utama karhutla, narasumber menekankan pentingnya pembukaan lahan pertanian  tanpa proses pembakaran. Sebagai solusi atas permasalahan pembukaan lahan tersebut, narasumber dari BPTP Kalimantan Barat selanjutnya menjelaskan berbagai alternatif metode pembukaan lahan tanpa bakar yang telah diuji di lapangan. Metode yang dianjurkan dan telah diujikan oleh BPTP Kalimantan Barat adalah metode Rumpuk Alur dan Dekomposisi Biomassa. Dalam sesi diskusi, banyak pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan oleh peserta rembug tani terkait karhutla dan metode pembukaan lahan ramah lingkungan.

 

Gambaran singkat mengenai metode Rumpuk Alur dan Dekomposisi Biomassa yang dianjurkan adalah sebagai berikut :

Pada dasarnya pembukaan lahan dengan membakar memang efektif dan murah, tetapi efek yang timbul membawa lebih banyak pencemaran dan kerugian bagi masyarakat luas. Dengan membahas permasalahan karhutla dalam rembug tani, diharapkan solusi terbaik akan dapat ditemukan dan dilaksanakan oleh seluruh pihak terkait.

astutipudji@bp3kotapontianak

Op. Bid Pertanian