DHARMA WANITA PERSATUAN DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA PONTIANAK PRAKTEK MEMBUAT KUE BERBAHAN LOKAL

23 September 2019
DHARMA WANITA PERSATUAN DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA PONTIANAK PRAKTEK MEMBUAT KUE BERBAHAN LOKAL

Untuk pertemuan kali ini pada hari Jum’at,  tanggal 20 September 2019,  pukul 08.30 wiba sampai selesai, bertempat  di Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak,  ibu-ibu anggota,  karyawati  beserta unsur pelaksana Organisasi Dharma Wanita Persatuan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak melaksanakan agenda rutin bulanan arisan dimana kegiatan diisi dengan acara praktek “Membuat Kue Berbahan Dasar  Lokal,  dengan narasumber Ny. Marlina dan kawan-kawan.

Bertambahnya usia bukan berarti seseorang  tidak bisa produktif untuk berkarya, ternyata  di usia yang tidak muda lagi  seseorang bisa mulai berbisnis,  apabila ditekuni dan dengan kerja keras serta ulet sehingga seseorang dapat menjadi sukses.  Biasanya bisnis yang digeluti seseorang tidak terlepas dari hobi yang dimiliki sejak usia muda dan ini merupakan suatu pekerjaan yang sejalan dengan hobi yang mengasyikkan serta menguntungkan.

Keterampilan membuat aneka atau kuliner panganan kue tidak dimiliki oleh setiap orang, butuh tangan-tangan terampil, memiliki cita rasa tinggi untuk menghasilkan aneka kue yang enak dan lezat dengan bentuk yang beraneka ragam maupun variasi. Namun semua itu bisa dipelajari asal memiliki keinginan dan kemauan pada masing-masing indivindu.

Narasumber Ny.Marlina menyampaikan di hadapan seluruh anggota Dharma wanita Persatuan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, dimana selain bahan-bahan yang mudah didapat, harganya juga cukup terjangkau dan dari bentuk kue pun bisa dicetak sesuai keinginan, serta  bisa dikombinasikan dengan berbagai rasa. Agar tidak repot jika ingin membuat kue harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Jenis kue yang dijadikan sampel pada praktek di pertemuan arisan Jum’at tersebut adalah kue singkong jeruk, selai labu, dan pisang. Dan bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat kue singkong jeruk, selai labu  dan pisang mudah didapat dan dijumpai di pasar tradisional maupun supermaket.

Setelah selesai melakukan praktek membuat kue dari bahan lokal seluruh anggota Dhrama Wanita Persatuan yang hadir, berkesempatan mencicipi kue yang sudah dibuat bersama-sama.

Tujuan dan manfaat agenda ini dilaksanakan dimaksudkan agar ibu-ibu maupun karyawati di lingkungan Organisasi Dharma Wanita Persatuan dapat menambah ilmu keterampilannya, terutama membuat kue dan mengenal bahan-bahan lokal sebagai dasar panganan membuat kue. Selain itu, manfaat dari kegiatan tersebut juga dapat menumbuhkembangkan kreatifitas ibu-ibu pada dunia wirausaha, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai lahan bisnis guna menompang pendapatan keluarga. (By WW)

Administrator