STERILISASI KUCING GRATIS MENDUKUNG PENGENDALIAN POPULASI HEWAN PENULAR RABIES (HPR) DI PUSKESWAN KOTA PONTIANAK

23 Mei 2019
STERILISASI KUCING GRATIS MENDUKUNG PENGENDALIAN POPULASI  HEWAN PENULAR RABIES (HPR) DI PUSKESWAN KOTA PONTIANAK

Pada tanggal 22-23 April 2019, telah diadakan kegiatan sterilisasi gratis untuk kucing domestik (kampung) dengan target kucing tidak berpemilik (stray cat) dan kucing peliharaan dengan populasi tinggi dalam satu rumah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh bidang Peternakan Dinas Pangan Pertanian, dan Perikanan Kota Pontianak di Puskeswan Kota Pontianak yang beralamat di Jl. Parit Pangeran Komplek UPTD Agribisnis.

Kegiatan sterilisasi ini meliputi kucing jantan (kastrasi) dan betina (ovariohysterectomi). Adapun tujuan kegiatan sterilisasi ini selain mengurangi penyebaran penyakit zoonosis seperti Rabies, Toxoplasma, dan lain-lain, juga untuk meningkatkan taraf hidup kucing yaitu mengurangi perkelahian pada kucing jantan (karena hormonal penguasaan wilayah) yang berakhir dengan luka bahkan kematian, lahirnya anak kucing yang tidak terawat oleh induknya sampai akhirnya mati, serta  penyakit gangguan reproduksi lain seperti tumor kelenjar susu, kanker rahim atau indung telur.

 

Adapun jumlah kucing yang telah disterilisasi pada tanggal 22 April 2019 adalah 6 ekor jantan, 4 ekor betina dan tanggal 23 April 2019 adalah 7 ekor betina sehingga total kucing yang telah disterilisasi berjumlah 17 ekor. Sepuluh hari pasca sterilisasi dilakukan kontrol untuk semua kucing yang masih belum stabil kondisinya dan khusus untuk betina dilakukan kontrol dan lepas jahitan. Secara umum pelaksanaan sterilisasi ini berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Ke depannya diusahakan agar kegiatan ini dapat terus berlanjut dalam rangka mencegah meningkatnya penyebaran penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia (zoonosis) di wilayah Kota Pontianak (Sofia).

Op. Bid Peternakan