VAKSINASI RABIES DI WILAYAH JALAN PANCA BAKTI KOTA PONTIANAK

20 Mei 2019
VAKSINASI RABIES DI WILAYAH JALAN PANCA BAKTI KOTA PONTIANAK

Dalam rangka pencegahan masuknya penyakit Rabies ke Kota Pontianak dan membentuk sistem kekebalan kelompok pada anjing yang ada sehingga tidak mudah terjangkit penyakit Rabies, maka pada tanggal 16 April 2019 diadakan kegiatan vaksinasi Rabies terhadap anjing yang berlokasi di Jl Panca Bakti, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara. Vaksinasi ini dilaksanakan sebagai respons pencegahan penyebaran penyakit Rabies di Kota Pontianak yang diketahui berbatasan dengan Kabupaten yang telah positif Rabies yaitu Mempawah dan Kubu Raya. Sistem vaksinasi secara pitu ke pintu dengan memanfaatkan data by name by address hasil pendataan Hewan Penular Rabies (HPR) tahun sebelumnya.

Vaksinasi dilaksanakan selama satu hari dengan petugas empat orang. Semua anjing yang divaksin merupakan anjing yang dipelihara secara outdoor (dilepaskan), sehingga petugas memerlukan alat jaring untuk menagkap beberapa ekor anjing yang sulit dipegang oleh pemiliknya. Sebanyak 30 ekor anjing telah divaksin dan anjing tersebut dipasang kalung penanda sudah divaksin (collar). Tujuan pemberian kalung ini adalah agar petugas dapat membedakan anjing yang telah divaksin dengan yang belum dalam evaluasi pelaksanaan vaksinasi di wilayah tersebut. Jumlah anjing yang telah divaksinasi sampai dengan April 2019 adalah 30 ekor, karena memang baru dilakukan kegiatan vaksinasi di bulan April ini.

Pelaksanaan vaksinasi ini menarget 70% dari populasi karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh OIE jumlah tersebut mampu membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) sehingga anjing yang belum tervaksin mampu terlindungi dari infeksi Rabies melalui kekebalan yang terbentuk dari kawanannya. Vaksinasi Rabies ini akan terus dijadwalkan sepanjang tahun untuk menjaga Kota Pontianak tetap Rabies, mengingat kasus Rabies ini telah mengalami peningkatan baik kasus gigitan maupun jumlah korban meninggal (Sofia).

Op. Bid Peternakan