Pelaksanaan Mimbar Sarasehan Kota Pontianak Tahun 2019

24 Mei 2019
Pelaksanaan Mimbar Sarasehan Kota Pontianak Tahun 2019

Pembangunan bidang pertanian dan perikanan di Indonesia sangat ditentukan oleh seluruh lini usaha, mulai dari hulu hingga ke hilir. Usaha bidang pertanian dan perikanan tidak sekedar menitikberatkan pada sisi produksinya, tapi juga meliputi usaha pengolahan, penyaluran, penyimpanan dan pemasaran. Seluruh proses dalam rangka pembangunan bidang pertanian dan perikanan ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama antara seluruh elemen masyarakat khususnya masyarakat tani nelayan bersama dengan pihak swasta dan pemerintah baik pusat maupun daerah. Salah satu kegiatan yang berfungsi sebagai forum komunikasi dan konsultasi antara seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan pertanian dan perikanan adalah mimbar sarasehan.

Mimbar sarasehan adalah kegiatan pertemuan sebagai forum konsultasi antara kelompoktani dengan pihak pemerintah/pemerintah daerah yang diselenggarakan secara periodik dan berkesinambungan untuk membicarakan, memusyawarahkan dan menyepakati pemecahan berbagai permasalahan pembangunan pertanian.

Kegiatan mimbar sarasehan pertanian dan perikanan Kota Pontianak tahun 2019 telah dilaksanakan pada tanggal 25 April 2019. Kegiatan dilaksanakan di Aula UPTD Agribisnis Kota Pontianak. Mimbar sarasehan dihadiri oleh kelompoktani dan kelompoktani perikanan di Kota Pontianak, dengan narasumber dari Bank Indonesia, Badan Meteorologi dan Geofisika-Stasiun Klimatologi dan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak.

Kegiatan mimbar sarasehan dimulai dengan pembukaan dan penyampaian sambutan oleh Kepala Dinas Pangan Pertanian  dan Perikanan Kota Pontianak, Bp. H. Bintoro, SE, MM. Sesi penyampaian materi diisi oleh ketiga narasumber secara  bergantian yang langsung dibarengi dengan sesi tanya jawab untuk setiap narasumber. Beberapa hal yang menjadi bahan diskusi dalam mimbar sarasehan ini antara lain adalah mengenai fluktuasi harga produk pertanian, kondisi cuaca di Kota Pontianak dan bantuan sarana dan prasarana yang terkadang terlambat sehingga tidak sesuai waktu tanam.

Sesi diskusi antara peserta dan para narasumber berjalan lancar hingga acara selesai. Hasil dan bahan diskusi dalam mimbar sarasehan selanjutnya merupakan salah satu dasar pertimbangan dan masukan bagi pihak yang berwenang untuk membuat kebijakan dan program kerja dalam mendukung suksesnya pembangunan bidang pertanian dan perikanan di Kota Pontianak.

astutipudji@bp3kotapontianak

Op. Bid Pertanian