FORUM GABUNGAN OPD TAHUN 2019

28 Februari 2019
FORUM GABUNGAN OPD TAHUN 2019

Usai melakukan rangkaian Musrenbang di seluruh Kelurahan dan Kecamatan di Kota Pontianak, proses selanjutnya dilanjutkan ke tahap Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Usulan-usulan masyarakat terus dilanjutkan ke tahap berikutnya yang kemudian akan disesuiakan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Untuk pada tahap ini, seluruh usulan masyarakat masih dapat tertampung di program dan kegiatan di Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, yang kemudian akan disesuaikan dengan ketentuan dan aturan dari kementerian-kementerian terkait, seperti Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Forum Gabungan OPD dilaksanakan selama 2 (dua) hari di Hotel Mahkota yang bertempat di Jl. Sidas. Pada hari pertama, Forum Gabungan OPD diisi dengan agenda paparan dari beberapa OPD terkait program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 ini. Dari Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak dihadiri oleh para Kepala Bidang, seperti Kepala Bidang Pangan yang sekaligus menjabat sebagai Plt.Kepala Bidang Perikanan, Kepala Bidang Pertanian yang juga sekaligus merangkap sebagai Plt. Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Peternakan dan juga dihadiri oleh Kasubbag. Perencanaan selaku penanggung jawab terhadap perencanaan program dan kegiatan di Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak.

Pada hari kedua Forum Gabungan OPD dipisah menjadi tiga bagian yaitu Bidang Fisik, Bidang Sosial Budaya dan Bidang Ekonomi. Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak yang tergabung dalam Bidang ekonomi dihadiri oleh narasumber pakar bidang ekonomi, staf ahli Walikota Pontianak, OPD lainnya yang tergabung dalam bidang ekonomi, perwakilan masyarakat, dari perwakilan kecamatan dan juga perwakilan dari kelurahan. Dari Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak sendiri dihadiri oleh Kepala Bidang Pertanian, Staf Perencanaan dan Operator SIPP.

Kepala Bidang Pertanian telah menyampaikan secara tepat dan jelas kepada masyarakat yang telah hadir pada desk Bidang Ekonomi pada hari kedua bahwa seluruh usulan dari masyarakat sampai saat ini masih dapat ditampung di dalam program dan kegiatan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, namun akan dilakukan penyesuaian usulan-usulan tersebut dengan aturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Salah satunya akan dilakukan validasi ke lapangan terhadap usulan-usulan tersebut untuk memastikan bahwa usulan yang diusulkan masyarakat tersebut sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku sehingga dapat di akomodir melalui anggaran yang dimiliki pada Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak pada tahun 2020.

Hingga tahap Forum Gabungan OPD, tidak ada komplain ataupun protes dari masyarakat terhadap Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak karena seluruh usulan masyarakat dapat terlihat jelas sudah tertampung di program kegiatan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak melalui Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan sampai menunggu untuk di lakukan validasi lapangan, dan usulan mana saja yang akan dapat di akomodir oleh Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak. (R)

Administrator