MUSRENBANG KECAMATAN TAHUN 2019

18 Februari 2019
MUSRENBANG KECAMATAN TAHUN 2019

Usai di tingkat Kelurahan, maka untuk melengkapi rangkaian proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Pontianak tahun 2020, perjalanan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) terus  berlanjut ke tingkat Kecamatan.

Menurut ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 bahwa dalam upaya penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) maka setiap Kota/Kabupaten dipandang perlu untuk lakukan musyawarah perencanaan pembangunan. Kota Pontianak juga telah usai mengadakan Musrenbang Tingkat Kelurahan pada tanggal 10 Januari 2019 sampai dengan tanggal 24 Januari 2019 dan dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Kecamatan pada tanggal 07 Februari 2019 sampai dengan 18 Februari 2019.

Pada Musrenbang tingkat Kecamatan, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak juga diwajibkan hadir guna untuk menampung, mengarahkan serta menyelaraskan usulan dari masyarakat dengan program dan kegiatan yang telah ditentukan oleh Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak karena masih banyak dijumpai ketidaksesuaian dalam memasukkan usulan ke dalam program dan kegiatan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak.

Untuk ditingkat Kecamatan, Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak juga menugaskan para petugas untuk menghadiri acara musrenbang di tiap kelurahan, yang terdiri dari para penyuluh, kepala bidang, dan staf perencanaan. Tiap kecamatan akan dihadiri oleh 3 (tiga) orang petugas dari Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak yang bertugas untuk memberikan informasi yang perlu di infokan kepada masyarakat terkait ketentuan yang berlaku untuk tiap-tiap usulan pada bidang-bidang terkait. Selain itu, petugas juga melakukan hal yang sama pada tingkat kelurahan yaitu untuk menghimpun dan mengkonfirmasi usulan yang masuk di tingkat Kecamatan, agar usulan yang di usulkan oleh masyarakat di tingkat kelurahan tidak ada yang tertinggal sehingga dapat ditindak lanjuti dengan valiadasi lapangan setelah semua usulan terangkum pada Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak sehingga dapat direalisasikan pada tahun 2020 melalui anggaran yang ada pada Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak dengan kesesuaian peraturan dan ketentuan yang berlaku. (R)

Administrator