PAKET BANTUAN HIBAH BARANG KEPADA MASYARAKAT NELAYAN KOTA PONTIANAK OLEH DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN TAHUN ANGGARAN 2018

27 Desember 2018
PAKET BANTUAN HIBAH BARANG  KEPADA MASYARAKAT NELAYAN KOTA PONTIANAK OLEH DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN TAHUN ANGGARAN 2018

Kota Pontianak mempunyai potensi perikanan dan kelautan yang bisa diandalkan. Salah satu sub sektor yang mempunyai peran penting dalam menunjang pelaksanaan pembangunan Kota Pontianak adalah perikanan tangkap. Sub sektor ini sangat strategis sebagai penyedia bahan pangan hewani yang bergizi, lapangan perkerjaan bagi masyarakat serta memberikan kontribusi dalam menghasilkan penerimaan negara. Akan tetapi potensi perikanan tangkap belum bisa optimal diexplorasi oleh nelayan, ini dikarenakan nelayan masih menggunakan cara tangkap tradisional. Beberapa hasil tangkapan ikan di perairan laut adalah kakap merah, kepiting, kerapu, kerang hijau, udang, cumi-cumi, ikan tongkol dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk perairan sungai produksinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan produksi perairan laut, ini dikarenakan sungai banyak mengalami pencemaran dari limbah-limbah pertambangan maupun perkebunan di sekitar sungai Kapuas dan sungai landak. Hasil dari perikanan sungai di antaranya adalah ikan keting, ikan gabus, ikan belida, ikan betutu, ikan nilem dan masih banyak lagi. Maka dari itu perlu adanya perhatian lebih lanjut dari Pemerintah Daerah supaya kegiatan penangkapan baik ikan laut dan ikan sungai bisa lebih ditingkatkan dan dapat menggiring nelayan tradisional berubah menjadi nelayan modern.

Wujud kepedulian Pemerintah Daerah terhadap nelayan dalam hal Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan memprogramkan pengadaan paket bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap dengan maksud sebagai stimulan peningkatan produktivitas dan efesiensi usaha perikanan tangkap serta sebagai penunjang kegiatan perikanan tangkap untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan guna menanggulangi tingkat kemiskinan (Pro Poor), dengan tetap memperhatikan keberlanjutan usaha dalam mengeksploitasi sumber daya alam (Pro Subtainnable Development).

 

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Pemerintah Kota Pontianak melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak Tahun 2018 telah mengalokasikan kegiatan penyediaan paket bantuan berupa sarana dan prasarana perikanan tangkap untuk Nelayan Kota Pontianak.

Kegiatan pengadaan paket bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap dilaksanakan pada Triwulan ke IV tepatnya pada bulan November tahun 2018. Paket bantuan tersebut berupa mesin sebanyak 15 unit, GPS sebanyak 15 unit dan Tali Pancing sebanyak 79 roll dengan sasaran kelompok penerima bantuan sebanyak 5 KUB sesuai dengan SK Walikota Pontianak Nomor 765.1/DPPP/Tahun 2018 tentang Daftar Penerima Hibah Barang/Jasa Dinas Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kota Pontianak Bidang Perikanan Seksi Perikanan Tangkap Tahun anggaran 2018 dengan rincian sebagai berikut :

No.

Nama KUB

Jumlah Barang

Keterangan

1.

KUB Lancang Kuning

  1. Mesin

4

Unit

 

 

 

 

  1. GPS

4

Unit

 

 

 

 

  1. Tali Pancing

19

Roll

 

 

2.

KUB Cipta Mandiri

  1. Mesin

3

Unit

 

 

 

 

  1. GPS

3

Unit

 

 

 

 

  1. Tali Pancing

15

Roll

 

 

3.

KUB Cahaya Pelangi

  1. Mesin

2

Unit

 

 

 

 

  1. GPS

2

Unit

 

 

 

 

  1. Tali Pancing

15

Roll

 

 

4.

KUB Karya Suci

  1. Mesin

3

Unit

 

 

 

 

  1. GPS

3

Unit

 

 

 

 

  1. Tali Pancing

15

Roll

 

 

5.

KUB Putra Banjar

  1. Mesin

3

Unit

 

 

 

 

  1. GPS

3

Unit

 

 

 

 

  1. Tali Pancing

15

Roll

 

 

 

Proses penyerahan paket bantuan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 28 Desember 2018 di Aula Balai Benih Ikan Parit Mayor. Prosesi penyerahan paket bantuan ini dipimpin oleh Bapak Rahimin selaku Kepala Seksi Perikanan Tangkap dan penyerahan langsung diberikan oleh Bapak H. Bintoro, SE, MM selaku Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak kepada masing-masing pengurus KUB. Sebelum menutup acara penyerahan paket bantuan tersebut Bapak Kepala Dinas berpesan agar bantuan yang diberikan dapat pergunakan dengan baik agar hasil yang diharapkan dapat segera dirasakan.

 

Dokumentasi Kegiatan

Op. Bid Perikanan