PERPANJANGAN SERTIFIKASI HALAL RPH SAPI TAHUN 2018 RESMI DI PEROLEH

07 Desember 2018
PERPANJANGAN SERTIFIKASI HALAL RPH SAPI TAHUN 2018 RESMI DI PEROLEH

Pada tanggal 12 November 2018 UPTD RPH Sapi resmi mendapat sertifikasi halal dari LPPOM MUI Kalimantan barat. Sertifikasi ini merupakan perpanjangan sertifikasi halal yang telah dimiliki sebelumnya oleh RPH Sapi Kota Pontianak. Sertifikasi halal ini merupakan hasil akhir dari rangkaian penilaian terhadap RPH Sapi selaku rumah potong hewan. Rangkaian tersebut diantaranya adalah manajemen rumah potong hewan, sertifikasi juru sembelih halal, dan penilaian lapangan serta administrasi. Rangkaian kegiatan sertifikasi ini di mulai pada awal tahun. Kegiatan pertama adalah pelatihan terhadap juru sembelih halal. Kemudian diikuti dengan pelatihan sistem manajemen halal pada RPH Sapi. Diikuti dengan manajemen pengelolaan RPH. Setelah manajemen pengelolaan RPH diikuti dengan tinjauan lapangan. Dan final dari kegiatan ini adalah penilaian terhadap hasil kunjungan lapangan.

Penyerahan sertifikat halal diterima langsung oleh kepala UPTD RPH Sapi Kota Pontianak Bapak Herlan Rusdi, S.Pt. Pada kesempatan tersebut juga dipersilahkan memberi sharing pengalaman dalam menjalankan dan menerapkan sistem halal di pemotongan sapi.

Dalam penyerahan sertifikasi ini turut serta juga diberikan sertifikat kepada 29 kegiatan usaha lainnya. Direktur LPPOM MUI, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si., mengatakan bahwa sangat penting untuk melakukan penguatan sistem sertifikasi LPPOM MUI dengan dua hal, penguatan auditor dan Cerolisasi LPPOM MUI. Kegiatan penyerahan sertifikasi ini dilakukan di gedung LPPOM MUI Komplek masjid  mujahidin Kota Pontianak. Saat ini LPPOM MUI merupakan satu-satunya lembaga sertifikasi halal di asia yang diakui oleh Emirates Authority for Standardization and Metrology (ESMA), satu-satunya badan Standardisasi di Uni Emirat Arab (UAE)

Op. RPH Sapi