PELAYANAN TERPADU PENGOBATAN DAN PEMERIKSAAN GANGGUAN REPRODUKSI PADA TERNAK

06 Desember 2018
PELAYANAN TERPADU PENGOBATAN DAN  PEMERIKSAAN GANGGUAN REPRODUKSI PADA TERNAK

Pada tanggal 8-9 November 2018 dilaksanakan kegiatan pelayanan terpadu pengobatan dan pemeriksaan gangguan reproduksi pada ternak. Pelayanan difokuskan pada penanganan gangguan reproduksi sapi betina, namun juga dilakukan pelayanan pengobatan untuk ternak jantan maupun pedet yang sakit ataupun yang sehat dengan pemberian vitamin dan obat cacing. Kegiatan dilakukan oleh Medik Veteriner Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak menindaklanjuti permasalahan ternak yang tidak birahi dan kontrol penyakit cacingan pada ternak.

Pelayanan terpadu dilaksanakan di wilayah dengan populasi sapi betina yang cukup banyak yaitu di Kelurahan Batu Layang, Kelurahan Siantan Hilir, dan Kelurahan Siantan Tengah Kecamatan Pontianak Utara serta Jl. Petani, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota. Hasil pelayanan di kecamatan Pontianak Utara antara lain hipofungsi ovaria 2 ekor, kawin berulang 1 ekor, bunting 4 ekor, helminthiasis pada pedet jantan 1 ekor, kurang nafsu makan pada sapi jantan 1 ekor dan pedet betina 1 ekor. Terhadap sapi yang hipofungsi ovaria diterapi vitamin ADE, ternak yang helminthiasis diberi obat cacing, dan yang kurang nafsu makan diberi injeksi vitamin B komplek. Satu ekor sapi betina dengan diagnosa kawin berulang dilakukan terapi irigasi (flushing) hormon dan antibiotik dengan harapan terjadi birahi dan pembuahan.

Adapun hasil kegiatan pelayanan terpadu di kecamatan Pontianak Kota antara lain hipofungsi ovaria 4 ekor, bunting 3 ekor, dan ulcus pada sapi jantan 1 ekor. Sapi dengan diagnosa hipofungsi ovaria diberikan terapi vitamin ADE injeksi, dan yang mengalami ulcus diberi vitamin dan antibiotik injeksi serta antiektoparasit spray. Kegiatan pelayanan terpadu ini dilakukan secara gratis karena menjadi salah satu upaya dukungan dalam program UPSUS SIWAB yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pontianak bagi peternak sapi di wilayah Kota Pontianak. Diharapkan dengan pelayanan ini dapat meningkatkan produktivitas ternak sapi potong di wilayah Kota Pontianak sehingga mendukung ketersediaan daging sapi yang berkelanjutan untuk wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya (Sofia).

Op. Bid Peternakan