KUNJUNGAN ROMBONGAN SISWA-SISWI SMA ISLAM HARUNIYAH PONTIANAK & SMA NEGERI 4 PONTIANAK

06 Desember 2018
KUNJUNGAN ROMBONGAN SISWA-SISWI SMA ISLAM HARUNIYAH PONTIANAK & SMA NEGERI 4 PONTIANAK

 

Sebagai salah satu tempat kunjungan wisata agro, Unit Pelaksanan Teknis Agribisnis Kota Pontianak pada hari Sabtu, 17 November 2018 menerima 2 kunjungan siswa-siswi dari sekolah SMA Islam Haruniyah dan SMA Negeri 4 Pontianak. Dengan didampingi oleh bapak dan ibu guru dari masing-masing sekolah mereka melakukan kunjungan dalam rangka kegiatan “Outing Class”. Tema yang mereka angkat berkaitan dengan “Tanaman” khususnya Lidah Buaya Pontianak.

 

 

            Terkait dengan tema yang mereka angkat dalam kegiatan “Outing Class” tersebut, UPT Agribisnis yang dalam hal ini dipandu oleh Bapak Davin Arifin, SP selaku staf teknis budidaya berkesempatan memutarkan film tentang ‘Lidah Buaya Pontianak”. Dalam Film tersebut yang berdurasi 10 menit ditayangkan beberapa aktivitas kegiatan mulai dari : budidaya tanaman lidah buaya, aktivitas perabanyakan bibit di laboratorium kultur jaringan, proses pembuatan ekstrak lidah buaya dan proses pembuatan jus lidah buaya. Siswa-siswi sangat antusias melihat tayangan tayangan tersebut.

 

 

 

Tidak kalah menarik ketika dilakukan sesi tanya jawab, dimana beberapa siswa-siswi beragam melontarkan pertanyaan yang berkaitan dengan lidah buaya, mulai dari asal sejarah tanaman lidah buaya, manfaat, proses pengolahan, jenis lidah buaya, kapan dan ciri-ciri lidah buaya siap dipanen. Sesi tanya jawab ini berlangsung selama 45 menit.

Selesai acara di Ruang Audio Visual, siswa-siswi mendapat kesempatan untuk melihat sekeliling UPT Agribisnis untuk menikmati fasilitas-fasilitas yang ada di UPT Agribisnis seperti Kebun Anggrek, Kebun Buah, Hutan Wisata dan Reiser Ikan Hias. Para siswa juga dimanjakan dengan tersedianya berbagai produk olahan lidah buaya yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh, selain itu para siswa juga dapat berfoto bersama di lahan dan seputar baliho lidah buaya yang berukuran 4 x 6 meter.

Op. UPTD Agribisnis