KUNJUNGAN ROMBONGAN SISWA-SISWI SDS ADICITA MULIA PONTIANAK

06 Desember 2018
KUNJUNGAN ROMBONGAN SISWA-SISWI SDS ADICITA MULIA PONTIANAK

Untuk yang kesekian kalinya di bulan November, tepatnya hari Rabu, 14 November 2018, UPTD Agribisnis menerima kunjungan murid dari SDS Adicita Mulia Pontianak. Kurang lebih 30 murid pada hari itu berkesempatan untuk melihat tayangan langsung film tentang “Lidah Buaya Pontianak” yang berdurasi 10 menit. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Audio Visual yang dipandu oleh bapak Davin Arifin, SP selaku staf teknis budidaya lidah buaya. Kegiatan ini lebih bertemakan tentang “Pengenalan Tanaman Lidah Buaya” khususnya “Lidah Buaya Pontianak” yang sampai saat ini masih menjadi salah satu “Ikon atau Maskot” kota Pontianak.

Selesai kegiatan didalam ruangan dilanjutkan aktivitas di lahan. Dilahan mereka diajarkan cara memanen tanaman lidah buaya, dalam hal ini teknis cara memotong pelepahnya. Dengan antusias mereka mendengarkan, melihat cara panen yang diperagakan oleh bapak Sunarko salah satu staf perawatan kebun lidah buaya. Murid-murid Sekolah Dasar Swasta (SDS) Adicita Mulia juga diberikan kesempatan untuk mempraktekan secara langsung teknis memanen pelepah lidah buaya sendiri-sendiri. Pelepah lidah buaya yang sudah dipanen oleh masing-masing murid bisa dibawa pulang untuk dipelihara di rumah masing-masing. 

Setelah melaksanakan aktivitas cara atau teknis memanen pelepah lidah buaya, murid-murid beristirahat di “Gazeebo” yang ada dilingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Agribisnis. Mereka beristirahat makan siang dengan bekal yang sudah dipersiapkan dari rumah masing-masing murid. Dengan memperkenalkan tanaman Aloe vera atau yang biasa dikenal masyarakat dengan nama tanaman Lidah Buaya kepada siswa sejak dini menimbulkan rasa cinta dan keinginan untuk melestarikan salah satu komoditi unggulan kota Pontianak ini.

Op. UPTD Agribisnis