Monitoring Produk Hasil Perikanan Segar

05 Desember 2018
Monitoring Produk Hasil Perikanan Segar

Produk hasil perikanan segar yang didistribusikan di wilayah Kota Pontianak cukup beragam. Mulai dari kelompok udang, kerang, ikan laut, hingga ikan-ikan air tawar. Produk hasil perikanan segar ini didistribusikan baik di pasar tradisional hingga ke pasar modern. Hal ini dengan harapan produk hasil perikanan dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat dan dapat tersedia dalam berbagai keadaan.

Pada Tahun 2018 ini, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Pontianak telah memasukkan Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Pontianak ke dalam Tim Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Sentra Penyedia Pangan Sehat sebagaimana tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Nomor 9/ PER-BKIPM/ 2018 tentang Pedoman Teknis Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Sentra Penyedia Pangan Sehat bersama-sama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pontianak, Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak, Dinas dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat untuk melaksanakan tugas Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Sentra Penyedia Pangan Sehat.

Lokasi sasaran pelaksanaan kegiatan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Sentra Penyedia Pangan Sehat adalah Pasar Tradisional (Pasar Kemuning dan Pasar Flamboyan), Pasar-pasar Modern (Hypermart, Fresmart, dan Carefour) yang ada di wilayah Kota Pontianak dan Pelabuhan Perikanan yang berada di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Waktu pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 Bulan April 2018, tanggal 6, 7 dan 13 bulan Agustus 2018, tanggal 1 dan 2 Bulan Oktober 2018, dan tanggal 14 dan 15 bulan November tahun 2018. Tim melakukan pengambilan sampel dari lokasi yang telah ditetapkan dan langsung dilakukan pengujian organoleptik/ fisik (pada saat pengambilan sampel) dan pengujian secara laboratoris di Laboratorium Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Pontianak. Secara laboratoris, dilakukan pemeriksaan bakteri (E. coli dan Salmonela sp), dan Kimiawi (kandungan logam berat dan obat/ antibiotik).

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Sentra Penyedia Pangan Sehat ini sebagai bentuk pelaksanaan amanat Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Hasil yang diperoleh selama kegiatan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Sentra Penyedia Pangan Sehat akan digunakan untuk pelaksanaan pembinaan bagi instansi terkait pada pihak-pihak distributor, pemasar, pengolah, dan pelabuhan hasil perikanan.

Op. Bid Perikanan