KEGIATAN PEMBINAAN CARA BUDIDAYA DAN PEMBENIHAN IKAN YANG BAIK

05 Desember 2018
KEGIATAN PEMBINAAN CARA BUDIDAYA DAN PEMBENIHAN IKAN YANG BAIK

Peningkatan hasil produksi budidaya perikanan merupakan salah satu indikator kinerja utama Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Pontianak. Untuk mencapai apa yang telah ditargetkan, pembinaan terhadap pembudidaya dan pembenih ikan di wilayah Kota Pontianak perlu dilaksanakan.

Menggunakan APBD Kota Pontianak Tahun Anggaran 2018, Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Pontianak menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Cara Pembenihan Ikan yang Baik dan Cara Budidaya Ikan yang Baik bagi Unit Perbenihan Rakyat dan Pembudidaya ikan di wilayah Kota Pontianak. Kegiatan Pembinaan Cara Pembenihan Ikan yang baik dilaksanakan pada tanggal 26 bulan Juni tahun 2018 yang diikuti oleh 36 peserta yang berasal dari Unit Perbenihan Rakyat dari enam kecamatan yang ada di wilayah Kota Pontianak. Adapun Kegiatan Pembinaan Cara Budidaya Ikan yang Baik dilaksanakan pada tanggal 16 bulan Oktober tahun 2018 yang diikuti oleh 36 peserta yang berasal dari kelompok pembudidaya ikan yang berasal dari enam kecamatan di wilayah Kota Pontianak.

Pada saat pembinaan, ditampilkan narasumber yang berasal dari dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat dan Penyuluh Perikanan Kota Pontianak. Narasumber memberikan penjelasan tentang dasar hukum, manfaat, dan tata cara pengajuan sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) dan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB).

Sertifikasi CPIB dan CBIB di masa yang akan datang akan sangat berguna demi meningkatkan daya saing UPR dan Pokdakan dikarenakan Sertifikasi CPIB dan CBIB dapat menjadi jaminan mutu terhadap hasil produksi perikanan.

Hingga akhir tahun 2018, Pokdakan yang telah memiliki sertfikat CBIB baru satu Pokdakan. Adapaun UPR yang telah memiliki sertifikat CPIB sebanyak 3 UPR. Melalui pelatihan serupa diharapkan Pokdakan dan UPR dapat termotivasi untuk melakukan pengurusan sertifikat CBIB dan CPIB bagi usahanya.

Op. Bid Perikanan