PENGUATAN PENYULUH SWADAYA KOTA PONTIANAK TAHUN 2018

05 Desember 2018
PENGUATAN PENYULUH SWADAYA KOTA PONTIANAK TAHUN 2018

Penguatan penyuluh swadaya merupakan salah satu kegiatan yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan peran dan motivasi penyuluh swadaya sebagai mitra kerja penyuluh PNS dalam pendampingan kelompoktani dan kelompok perikanan. Dalam kegiatan ini pula, diharapkan wawasan dan kemampuan penyuluh swadaya dapat lebih diperluas dan ditingkatkan dalam upaya mendukung kegiatan penyuluhan di lapangan.

Kegiatan penguatan penyuluh swadaya Kota Pontianak Tahun 2018 telah dilaksanakan pada tanggal 14 November 2018. Bertempat di aula Balai Penyuluhan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, kegiatan penguatan penyuluh swadaya Kota Pontianak dihadiri oleh seluruh penyuluh pertanian dan perikanan di Kota Pontianak, meliputi penyuluh PNS, penyuluh bantu, THL-TB dan penyuluh swadaya dari 6 kecamatan se-Kota Pontianak. Narasumber yang berasal dari  Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak membahas secara menyeluruh terkait fungsi dan peran penyuluh swadaya dan kontribusinya dalam pengembangan agribisnis pertanian dan perikanan di Kota Pontianak.

Dalam sambutannya, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak; Sudarmanta, S. TP;  menekankan empat (4) fungsi dan peran penting penyuluh swadaya di masyarakat yaitu (1) sebagai pendamping teknis (2) sebagai penggerak komunitas (3) sebagai  pembaharu dan (4) sebagai pelaku bisnis. Dengan seluruh fungsi tersebut, penyuluh swadaya memiliki posisi strategis dalam pengembangan pembangunan pertanian dan perikanan di wilayah binaannya.

Pada kesempatan ini pula, dilakukan peremajaan penyuluh swadaya Kota Pontianak. Hal ini perlu dilakukan mengingat telah banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi pada  sektor pertanian dan perikanan di Kota Pontianak, baik dari sisi kelembagaan, pelaku utama maupun pelaku usaha bidang pertanian dan perikanan di Kota Pontianak. Peserta kegiatan menyambut baik peremajaan penyuluh swadaya ini mengingat masih kurangnya penyuluh swadaya khususnya untuk komoditi tanaman pangan di Kota Pontianak.

 Dengan penguatan penyuluh swadaya, diharapkan kualitas pendampingan penyuluh swadaya di Kota Pontianak akan meningkat guna mendukung pencapaian program prioritas pembangunan pertanian dan perikanan di Kota Pontianak .(G)

Op. Bid Pertanian