DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA PONTIANAK MENYELENGGARAKAN RAPAT KOORDINASI PENGEMBANGAN CADANGAN PANGAN DAERAH

18 Oktober 2018
DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA PONTIANAK MENYELENGGARAKAN RAPAT KOORDINASI PENGEMBANGAN CADANGAN PANGAN DAERAH

Pengembangan cadangan pangan Pemerintah Kota Pontianak merupakan suatu upaya untuk mendukung penyediaan pangan daerah dalam menghadapi keadaan darurat dan pasca bencana, pengendalian Inflasi melalui intervensi Pemerintah dengan menetapkan harga beras untuk operasi pasar, meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga, sekaligus mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, serta meningkatkan akses pangan baik secara fisik (beras tersedia di titik distribusi) maupun secara ekonomi (hargajual yang terjangkau) kepada masyarakat.

Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Pengembangan Cadangan Pangan Pemerintah Kota Pontianak dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengembangan Cadangan Pangan Daerah Kota Pontianak pada tanggal 21 September 2018, bertempat di UPTD Agribisnis-Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak. Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan membangun komitmen yang sinergi dengan semua stakeholders terkait. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Bulog Divre Kalimantan Barat, Bappeda Kota Pontianak, Dinas Perdangan Usaha Kecil Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Dinas Sosial Kota Pontianak, Camat dan Lurah se Kota Pontianak, serta perwakilan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Pontianak.

Cadangan pangan merupakan salah satu komponen penting dalam ketersediaan pangan, karena cadangan pangan merupakan sumber pasokan untuk mengisi kesenjangan antara produksi dan distribusi dengan kebutuhan daerah dari waktu ke waktu. Cadangan pangan terdiri dari cadangan pangan pemerintah dan cadangan pangan masyarakat. Menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Cadangan Pangan Pemerintah Kabupaten/Kota adalah persediaan Pangan yang dikuasai dan dikelola oleh pemerintah kabupaten/kota.

Berkenaan dengan pengelolaan cadangan pangan Pemerintah Kota Pontianak, pada tahun 2018 pelaksanaan pengelolaan cadangan pangan diselenggarakan dengan dua kegiatan yaitu cadangan pangan untuk bantuan kepada masyarakat yang mengalami rawan pangan transien maupun rawan pangan kronis, serta cadangan pangan untuk operasi pasar.

Op. Bid Pangan