DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA PONTIANAK MENYELENGGARAKAN PELATIHAN DIVERSIFIKASI PANGAN BERBASIS PANGAN LOKAL

18 Oktober 2018
DINAS PANGAN PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA PONTIANAK MENYELENGGARAKAN PELATIHAN DIVERSIFIKASI PANGAN BERBASIS PANGAN LOKAL

Dalam upaya mempercepat tercapainya program diversifikasi pangan dan penurunan konsumsi beras dan terigu 1,5% pertahun sesuai SPM Ketahanan Pangan, maka salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan pembinaan. Guna mendukung program tersebut Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan melakukan  pembinaan diversifikasi pangan yaitu dengan mengadakan pelatihan diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal kepada kelompok kader pangan/kelompok binaan di Kota Pontianak, untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga sesuai dengan potensi sumberdaya wilayah.

Pelatihan Diversifikasi Pangan ini dimaksudkan agar setiap individu yang bertanggungjawab menyediakan menu dapat menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) bagi keluarga sehari-hari dan pengolahan makanan ringan non beras dan terigu serta pemanfaatan pekarangan sebagai sumber gizi keluarga. Sedangkan tujuan dari pelatihan ini  yaitu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, mendorong dan meningkatkan kreativitas, mendorong pengembangan tekhnologi pengolahan pangan, mengembangkan pemanfaatan pekarangan dan meningkatkan kreatifitas dalam mengolah makanan ringan.

Pelatihan Diversifikasi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal diikuti oleh kelompok wanita dan kader pangan binaan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak sebanyak  80 peserta dari 4 kelompok . Agar  pelatihan ini berjalan efektif maka pelatihan dilaksanakan sebanyak 4 kali di bulan september tahun 2018, dimana setiap pertemuan dilaksanakan 1 hari di rumah masing-masing ketua kelompok wanita dan kader pangan.

Diharapkan untuk ke depannya dengan adanya pelatihan ini maka program diversifikasi pangan di Kota Pontianak dapat berjalan baik dengan semakin meningkatnya jumlah peserta yang mengikuti pelatihan Diversifikasi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.


Op. Bid Pangan