PEMANFAATAN PEKARANGAN MELALUI KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL)

20 September 2018
PEMANFAATAN PEKARANGAN MELALUI KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL)

Optimalisasi pemanfaatan pekarangan dilakukan melalui upaya pemberdayaan wanita untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga. Upaya ini dilakukan dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan pangankeluarga seperti aneka umbi, sayuran, buah, serta budidaya ternak kecil dan ikan sebagai tambahan untuk ketersediaan pangan sumber karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein bagi keluarga pada suatu kawasan perumahan sehingga dapat terbentuk sebuah kawasan yang kaya akan sumber pangan yang diproduksi sendiri dari hasil optimalisasi pekarangan. Pendekatan pengembangan ini dilakukan dengan mengembangkan pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture), antara lain dengan membangun kebun bibit dan mengutamakan sumber daya lokal disertai dengan pemanfaatan pengetahuan lokal (local wisdom) sehingga kelestarian alam pun terjaga.

Kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dilakukan dengan pendampingan oleh penyuluh pendamping P2KP kelurahan dan pendamping P2KP kota, serta dikoordinasikan bersama dengan aparat kota. Selain pemanfaatan pekarangan, juga diarahkan untuk pemberdayaan kemampuan kelompok wanita membudayakan pola konsumsi pangan, beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA), termasuk kegiatan usaha pengolahan rumah tangga untuk menyediakan pangan yang lebih beragam.

Pada tahun 2018 kegiatan KRPL dilaksanakan di 5 (lima) lokasi Kelompok Wanita yakni Kelompok Wanita Nirmala Kelurahan Sungai Bangkong Kecamatan Pontianak Kota, Kelompok Wanita Tani Mekar Sari Kelurahan Batulayang Kecamatan Pontianak Utara, Kelompok Tani Selayar Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara, Kelompok Wanita Tani Green House Bougenvil Kelurahan Sungai Jawi Dalam Kecamatan Pontianak Barat, dan Kelompok Wanita Berjaya Kelurahan Saigon Kecamatan Pontianak Timur.

Optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui konsep KRPL selama ini telah terbukti banyak memberikan manfaat bagi masyarakat baik bagi anggota kelompok wanita maupun lingkungan kawasan di sekitarnya. Bagi pelaku anggota kelompok wanita, kegiatan ini dapat memberikan sumbangan pangan untuk dikonsumsi keluarga, penghematan pengeluaran keluarga dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi sehari-hari dan terjadinya diversifikasi konsumsi pangan pada rumah tangga anggota. Bagi lingkungan kawasan, kegiatan ini dapat membuat suasana asri dan lingkungan lebih nyaman.

Op. Bid Pangan