KEWIRAUSAHAAN LIDAH BUAYA PONTIANAK

20 September 2018
KEWIRAUSAHAAN LIDAH BUAYA PONTIANAK

UPTD Agribisnis sebagai salah satu tempat agrowisata menerima kunjungan siswa-siswi SMA Negeri I Sungai Amabawang sebanyak 50 orang yang didampingi Oleh Kepala Sekolah beserta beberapa guru pada hari Rabu, 19 September 2018. Kegiatan kunjungan ini dilaksanakan berkaitan dengan mata pelajaran sekolah untuk muatan lolal (Mulok) khususnya yang berhubungan dengan “Kewirausahaan”. UPTD Agribisnis dipilih sebagai tempat kunjungan dengan harapan dapat memberikan wawasan tentang “Kewirausahaan Lidah Buaya Pontianak”.

Materi “Kewirausahaan Lidah Buaya Pontianak” disampaikan oleh Davin Arifin, SP sebagai tenaga teknis pengolahan pembuatan jus Lidah Buaya AVeCe dengan mengambil contoh produk minuman Jus ‘AveCe’. Materi Kewirausahaan yang disampaikan lebih banyak mengupas tentang pengenalan lidah buaya, inovasi produk,  prospek dan proses produksinya.

Dalam sesi tanya jawab Davin Arifin, SP juga menyampaikan ciri maupun syarat yang harus ada dalam diri seorang wirausaha yaitu : punya rasa kreativitas dan inovasi yang tinggi, karena hal tersebut murapakan salah satu kunci untuk tetap bertahan serta suksesnya usaha yang ditekuninya. Dari pemaparan yang disampaikan diharapkan tumbuh jiwa-jiwa wirausaha pada diri siswa-siswi untuk mengembangkan potensi atau sumber daya yang ada di daerah setempat khususnya lidah buaya.

Selama kurun waktu 2 jam siswa-siswi beserta guru pendamping juga berkesempatan melihat-lihat fasilitas yang ada di UPTD Agribisnis mulai dari tempat display produk, kebun lidah buaya, tanaman anggrek species maupun hibrid di orchid center serta tempat ikan hias di raiser. Sebelum meninggalkan tempat UPTD Agribisnis siswa-siswi juga meluangkan waktu untuk berbelanja produk olahan lidah buaya. 

Op. UPTD Agribisnis