UPTD AGRIBISNIS MENGEMBANGAN TANAMAN ANGGREK MELALUI TEKNIK PERSILANGAN MEKANIS

17 September 2018
UPTD AGRIBISNIS MENGEMBANGAN TANAMAN ANGGREK MELALUI TEKNIK PERSILANGAN MEKANIS

UPTD Agribisnis telah berhasil mengembangkan tanaman anggrek melalui teknik persilangan atau hibridisasi, yaitu metode untuk menghasilkan tanaman anggrek baru dengan cara menyilangkan dua atau lebih tanaman anggrek yang memiliki konstitusi berbeda dengan tujuan untuk menggabungkan karakter masing-masing tanaman anggrek.

Tiga jenis atau varian tanaman anggrek dendrobium telah dihasilkan dari sekian banyak jenis tanaman anggrek baik itu anggrek spesies maupun anggrek dendrobium yang disilangkan oleh tenaga teknis UPTD agribisnis Tri Lestari, SP. Ini merupakan permulaan yang bagus untuk terus mencoba mengembangkan tanaman anggrek sehingga mendapatkan jenis-jenis tanaman anggrek baru. 

Selama ini UPTD agribisnis telah berhasil melakukan pengembangan tanaman anggrek baik secara vegetatif maupun secara generatif dengan teknik kultur jaringan. Kali ini UPTD agribisnis mencoba mengembangkan tanaman anggrek secara generatif melalui metode persilangan secara mekanis dengan bantuan manusia yang biayanya relatif lebih murah dibandingkan dengan teknik kultur jaringan.

Diharapkan ke depannya UPTD agribisnis dapat menghasilkan lebih banyak lagi jenis-jenis atau varian-varian tanaman anggrek melalui metode persilangan dan akan menjadi motor penggerak penganeka ragaman tingkat tinggi variasi morfologi tanaman anggrek spesies maupun tanaman anggrek dendrobium.

Op. UPTD Agribisnis