SISWA MENGENAL NUSANTARA “SMN 2018” PROVINSI JAWA TENGAH DI KALIMANTAN BARAT

21 Agustus 2018
SISWA MENGENAL NUSANTARA “SMN 2018” PROVINSI JAWA TENGAH DI KALIMANTAN BARAT

                UPTD Agribisnis menjadi salah satu tempat kunjungan Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas se-Jawa Tengah pada hari Sabtu, 18 Agustus 2018. Meraka tergabung dalam program kegiatan Siswa Mengenal Nusantara “SMN 2018” yang diselenggarakan oleh Kementrian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh Indonesia. Progaram ini merupakan kegiatan pengenalan ragam kekayaan nusantara melalui proses pertukaran infosmasi dan budaya untuk menanamkan rasa bangga serta kecintaan siswa siswi SMA akan Tanah Airnya Indonesia. Bentuk kegiatan ini berupa pertukaran pelajar antar SMA se-Provinsi dengan Provinsi lain dan diadakan rutin setiap tahun sejak 2015.

Sebanyak kurang lebih 50 siswa “SMN 2018” se-Jawa Tengah sangat antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh staf UPTD Agribisnis tentang Lidah Buaya Pontianak mulai dari : sejarahnya, budidaya, manfaat, teknik pasca panen, proses pengolahan (pembuatan minuman jus), pemasaran sampai prospek lidah buaya ke depannya. Keingintahuan yang besar akan potensi Lidah Buaya Pontianak terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan di dalam ruang Informasi. Mulai dari jenis lidah buaya yang dibudidayakan di Pontianak sampai dengan kesesuaian tanah di Jawa Tengah untuk budidaya lidah buaya.

            Praktek dilapangan juga dilakukan oleh staf UPTD Agribisnis dengan langsung menunjukkan ciri-ciri pelepah yang siap untuk dipanen. Disamping itu siswa “SMN 2018” se-Jawa Tengah juga diajarkan cara panen pelepah lidah buaya yang baik dan benar. Cara memotong, mengupas pelepah dan menghindari getah warna kuning “aloin” juga disampaikan ke siswa.

Pemanfaatan pelepah lidah buaya baik untuk masker, pelembab, obat anti luka bakar maupun cara mengkonsusmsi langsung dalam bentuk mentah  juga diparaktekkan secara langsung dilapangan.

            Secara keseluruhan kegiatan mulai dari awal kedatangan sampai praktek di lapangan seluruh peserta “SMN 2018” sangat antusias sekali mengikutinya. Semoga kegiatan ini terus berlangsung rutin tiap tahun agar semakin berkembang wawasan nusantara siswa siswi SMA se Indonesia serta tetap terjaga keanekaragaman budaya dan potensi kekayaan alam yang ada di wilayah Indonesia .

Op. UPTD Agribisnis