KEMBALI GELAR VAKSINASI KELILING PASCA LEBARAN, 30 EKOR ANJING DIVAKSIN

19 Juli 2018
KEMBALI GELAR VAKSINASI KELILING PASCA LEBARAN, 30 EKOR ANJING DIVAKSIN

Tepatnya pada hari Senin tanggal 16 Juli 2018 Tim Dokter Hewan Keliling (Dokkeling) kembali melakukan kegiatan vaksinasi Rabies di wilayah Kota Pontianak. Namun vaksinasi kali ini untuk menindaklanjuti permintaan vaksinasi dari masyarakat yang sebelumnya telah terdaftar. Metode vaksinasi dengan cara rumah ke rumah (door to door) memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan karena tidak perlu membawa anjing.  Adapun lokasi vaksinasi berada di wilayah Kecamatan Pontianak Selatan dan Kecamatan Pontianak Kota.

Di Kecamatan Pontianak Selatan tim melakukan vaksinasi di daerah Jl. Kesehatan dan sebanyak 18 ekor anjing telah divaksin, sementara di Kecamatan Pontianak Kota vaksinasi dilakukan di Jl. Pangeran Natakusuma dan Jl. Gusti Hamzah (Gereja Maria Ratu Pencinta Damai/MRPD Katolik) terhadap sebanyak 12 ekor anjing. Beberapa anjing yang dilepaskan diberikan kalung (collar) sebagai penanda telah divaksin. Total vaksinasi yang telah diberikan pada hari tersebut sebanyak 30 ekor (beberapa merupakan vaksin ulangan dan yang lainnya adalah vaksin pertama).

Selain vaksinasi, tim juga tidak lupa melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi mengenai Rabies dan penyebaran leaflet Rabies. Informasi tambahan diberikan kepada masyarakat agar melapor apabila terdapat kejadian atau kasus gigitan dari hewan pembawa rabies (HPR) terutama anjing di sekitar kediaman mereka (Sofia).

 

Op. Bid Peternakan