MERIAHKAN TEMA PREVENT RABIES, SIMPLE STEPS, SAVE LIFES DENGAN KEGIATAN VAKSINASI RABIES BERSAMA KOMUNITAS PONTIANAK DOG LOVER

09 Mei 2018
MERIAHKAN TEMA PREVENT RABIES, SIMPLE STEPS, SAVE LIFES DENGAN KEGIATAN VAKSINASI RABIES BERSAMA KOMUNITAS PONTIANAK DOG LOVER

Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak dalam acara HUT Komunitas Pontianak Dog Lover Ke-2 bekerjasama melakukan kegiatan vaksinasi Rabies gratis pada Minggu 6 Mei 2018 bertempat di Rumah Betang Jl. Sutoyo Pontianak. Pada kesempatan tersebut selain dilakukan kegiatan vaksinasi, dirangkaikan pula dengan talkshow mengenai Rabies yang mengusung tema Prevent Rabies, Simple Steps, Save Lifes, lomba Fashion Show, dan Lomba Makan untuk anjing ras kecil, medium, dan besar.

Talkshow dengan tema Simple Steps, Save Lifes diisi oleh perwakilan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak yaitu drh Sofia Febriyanita (Medik Veteriner) yang menyatakan bahwa Rabies di Kalimantan Barat telah terjadi di 12 Kabupaten dan 1 Kota diantara 14 Kabupaten/Kota yang ada. Kota Pontianak saat ini menjadi satu-satunya Kota yang masih berstatus bebas, namun juga menjadi terancam karena telah dikelilingi wilayah yang tertular Rabies. Berdasarkan data terakhir tahun 2018 telah terjadi kematian 8 orang karena Rabies. Kasus positif Rabies yang terjadi di perbatasan wilayah Pontianak yaitu di daerah Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya menjadikan Kota Pontianak harus waspada terutama menjaga jangan sampai terjadi di wilayah Kota Pontianak.

Oleh karena itu beliau mengingatkan kepada Dog Lover agar melakukan langkah-langkah simple guna mencegah masuknya Rabies ke Kota Pontianak yaitu vaksinasi Rabies terhadap anjing peliharaan secara rutin setiap tahunnya, tidak membawa anjing (HPR) dari daerah tertular Rabies ke Kota Pontianak, tidak melepasliarkan anjing peliharaan atau mengikat/mengandangkan anjing peliharaan, serta melaporkan apabila terjadi kasus gigitan ke Puskesmas dan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak serta tidak lupa sebelumnya melakukan pencucian luka dengan sabun di bawah air mengalir selama 15 menit guna mengurangi jumlah virus yang masuk ke tubuh.

Jumlah anjing yang telah divaksin pada kegiatan tersebut sebanyak 117 ekor yang tersebar tidak hanya dari Kota Pontianak tetapi juga Kabupaten Kubu Raya. Melalui kegiatan ini diharapkan anjing-anjing yang ada di Kota Pontianak dapat terlindungi dari penyakit Rabies yang bersifat zoonosis dan mematikan baik bagi hewan dan manusia (Sofia).

 

Op. Bid Peternakan